Sukses

Mengisi Kembali Energi dengan 5 Cara Ini

Banyak hal dapat menyebabkan orang lelah dan lesu, contohnya saja karena terlalu sering lembur. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com – Kelelahan hingga hilangnya semangat bisa dialami oleh semua orang. Namun bagaimana jika kondisi tersebut terjadi secara rutin? Mungkin ada yang salah dengan pola makan atau gaya hidup Anda selama ini. Jangan khawatir, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tingkat energi Anda. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda terapkan:

  • Aktivitas Fisik

Berolahraga saat lelah dianggap bisa menambah rasa lelah Anda, padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Para ahli menyebutkan bahwa melakukan jalan sebentar selama 10 menit bisa meningkatkan energi Anda. Nah, mungkin saja penyebab lelah Anda adalah karena kurangnya berolahraga. Itu terjadi karena bila tidak rutin berolahraga, maka kapasitas pengantaran oksigen tidak maksimal dan tubuh akhirnya menjadi cepat lelah.

  • Tidur Siang

Penelitian menunjukkan bahwa informasi yang berlebihan serta tindakan yang memforsir otak kita terlalu berat bisa menurunkan energi tubuh kita. Untuk meningkatkan kembali energi tubuh, tidur siang memiliki peran yang sangat penting. Tidur siang selama 10-15 menit memang sebentar, namun efeknya bagus untuk kesehatan fisik serta mental Anda.

Berikut kiat lainnya agar Anda dapat bugar kembali dengan energi yang baru, selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Mengisi Kembali Energi dengan 5 Cara Ini

Fatigon Spirit

  • Sarapan Pagi

Tahukah Anda bahwa orang-orang yang mengonsumsi sarapan cenderung memiliki mood yang lebih baik? Selain itu, mereka lebih memiliki tambahan energi untuk sepanjang hari dibanding mereka yang tidak sarapan. Oleh karenanya, janganlah melewatkan sarapan apalagi jika Anda hendak melakukan kegiatan yang sangat sibuk.

  • Air Putih

Rasa lelah bisa disebabkan oleh kekurangan cairan. Solusi dari hal ini adalah konsumsilah air putih secukupnya setiap hari. Hindari minuman beralkohol karena alkohol dapat mengganggu ritme tidur dan membuat Anda  semakin lelah.

  • Gandum & Gula

Jika Anda ingin menangkal lelah, jagalah kadar gula darah dalam angka yang tetap. Mengonsumsi makanan manis bisa menaikkan gula darah secara cepat dan menyediakan energi, namun diikuti oleh turunnya gula darah yang cepat pula sehingga bisa membuat Anda merasa lelah. Makanan seperti gandum bisa menyediakan energi yang lama sepanjang hari dan menghindari Anda dari rasa lelah.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin untuk mengisi energi. Multivitamin seperti apa yang bisa Anda pilih? Beberapa elemen dalam multivitamin seperti BCCA (branched-chain amino acid) dapat membantu pembentukan protein dalam tubuh; L-Carnitine berperan dalam metabolisme lemak di dalam tubuh untuk memproduksi energi; VITAMIN B1, B6 & B12 juga mampu membantu memelihara sel-sel saraf. 

0 Komentar

Belum ada komentar