Sukses

5 Kiat Mudik yang Nyaman Saat Puasa

5 Kiat Mudik yang Nyaman Saat Puasa. Lebaran datang sebentar lagi! Bagaimana dengan rencana mudik Anda?

KlikDokter.com – Menjelang hari raya Lebaran, banyak orang sudah bersiap-siap untuk pulang ke kampung halaman. Diperlukan persiapan yang matang supaya mudik berjalan lancar dan menyenangkan. Jangan sampai perjalanan Anda terhalang oleh masalah kesehatan dan hal-hal lainnya. Berikut adalah 5 kiat agar mudik Anda bersama keluarga terasa nyaman:

  • Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mudik, meliputi pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan fisik lengkap. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu (hipertensi, diabetes melitus, asam urat, asma, dll).

  • Tidur Cukup

Tidurlah minimal 7-8 jam sebelum berangkat mudik. Ini sangat diperlukan untuk menghimpun tenaga supaya tidak lemas selama dalam perjalanan. Terlebih lagi jika Anda berpuasa, tentu Anda tidak ingin puasa Anda batal karena kondisi tubuh yang lemah.

  • Membawa Obat

Mereka dengan penyakit tertentu perlu membawa obat-obatan yang harus mereka konsumsi. Lupa meminum obat dapat menyebabkan kekambuhan penyakit yang dapat mengganggu perjalanan. Bawa juga obat-obatan lain untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang mungkin terjadi di perjalanan, misal: obat sakit kepala, obat mual, obat kembung, dan peralatan P3K.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 2 halaman

5 Kiat Mudik yang Nyaman Saat Puasa

Fatigon Spirit

  • Membawa Bekal

Untuk menunjang kelancaran mudik, persiapan makanan dan minuman sangatlah penting. Apalagi jika Anda mesti menempuh jarak yang jauh. Jangan lupa untuk mempersiapkan bekal yang sehat, dengan sayur, buah, serta protein yang lebih banyak ketimbang karbohidrat.

  • Mengonsumsi Suplemen

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen multivitamin. Multivitamin seperti apa yang bisa Anda pilih? Beberapa elemen dalam multivitamin seperti BCCA (branched-chain amino acid) dapat membantu pembentukan protein dalam tubuh; L-Carnitine berperan dalam metabolisme lemak di dalam tubuh untuk memproduksi energi; VITAMIN B1, B6 & B12 juga mampu membantu memelihara sel-sel saraf.

Dengan mempersiapkan mudik secara cermat, perjalanan Anda bersama keluarga pun akan jadi lebih menyenangkan. Yang terpenting, selalu jaga kesehatan dan perhatikan barang-barang bawaan Anda selama di jalan. Selamat mudik!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

0 Komentar

Belum ada komentar