Sehat dan Bugar

5 Kiat Mudik yang Nyaman Saat Puasa

Klikdokter, 03 Jul 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

5 Kiat Mudik yang Nyaman Saat Puasa. Lebaran datang sebentar lagi! Bagaimana dengan rencana mudik Anda?

5 Kiat Mudik yang Nyaman Saat Puasa

KlikDokter.com – Menjelang hari raya Lebaran, banyak orang sudah bersiap-siap untuk pulang ke kampung halaman. Diperlukan persiapan yang matang supaya mudik berjalan lancar dan menyenangkan. Jangan sampai perjalanan Anda terhalang oleh masalah kesehatan dan hal-hal lainnya. Berikut adalah 5 kiat agar mudik Anda bersama keluarga terasa nyaman:

1. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Ingin Jadi Wanita Sehat, Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Ini (S_L/Shutterstock)

Lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mudik, meliputi pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan fisik lengkap. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu (hipertensi, diabetes melitus, asam urat, asma, dll).

2. Tidur Cukup

Tidurlah minimal 7-8 jam sebelum berangkat mudik. Ini sangat diperlukan untuk menghimpun tenaga supaya tidak lemas selama dalam perjalanan. Terlebih lagi jika Anda berpuasa, tentu Anda tidak ingin puasa Anda batal karena kondisi tubuh yang lemah.

3. Membawa Obat

Inilah Obat-obatan yang Harus Ada di Kotak P3K

Mereka dengan penyakit tertentu perlu membawa obat-obatan yang harus mereka konsumsi. Lupa meminum obat dapat menyebabkan kekambuhan penyakit yang dapat mengganggu perjalanan. Bawa juga obat-obatan lain untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang mungkin terjadi di perjalanan, misal: obat sakit kepala, obat mual, obat kembung, dan peralatan P3K.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

4. Membawa Bekal

Untuk menunjang kelancaran mudik, persiapan makanan dan minuman sangatlah penting. Apalagi jika Anda mesti menempuh jarak yang jauh. Jangan lupa untuk mempersiapkan bekal yang sehat, dengan sayur, buah, serta protein yang lebih banyak ketimbang karbohidrat.

5. Mengonsumsi Suplemen

Suplemen Testosteron Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria, Benarkah?

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen multivitamin. Multivitamin seperti apa yang bisa Anda pilih? Beberapa elemen dalam multivitamin seperti BCCA (branched-chain amino acid) dapat membantu pembentukan protein dalam tubuh; L-Carnitine berperan dalam metabolisme lemak di dalam tubuh untuk memproduksi energi; VITAMIN B1, B6 & B12 juga mampu membantu memelihara sel-sel saraf.

Dengan mempersiapkan mudik secara cermat, perjalanan Anda bersama keluarga pun akan jadi lebih menyenangkan. Yang terpenting, selalu jaga kesehatan dan perhatikan barang-barang bawaan Anda selama di jalan. Selamat mudik!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

NEWS

Konsultasi Dokter Terkait