Sukses

Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa

Apa yang Anda lakukan jika terjadi gempa? Mungkin Anda akan lari secepat mungkin keluar ruangan. Percayalah, ini bukan tindakan jika Anda ingin selamat.

Gempa dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Pembekalan diri mengenai langkah penyelamatan penting untuk menghindari cedera dan bahaya lainnya. Berikut ini cara-cara menyelamatkan diri saat gempa:

Jika Berada di Dalam Ruangan

  1. Jangan berlari

Tujuannya agar Anda terhindar dari benda-benda yang berjatuhan serta risiko terjatuh akibat goncangan lantai.  

  1. Posisi merangkak

Saat gempa terjadi, segera jatuhkan badan ke lantai dengan posisi seperti merangkak. Hal ini untuk mengurangi risiko terjatuh dan terhindar dari benda di sekitar.

  1. Lindungi kepala dan leher

Dengan posisi tetap merangkak, lindungi bagian kepala dan leher dengan satu tangan.

  1. Cari tempat perlindungan

Jika terdapat meja di sekitar Anda, segera merangkak ke sana untuk berlindung. Bila tidak ada meja, merangkaklah mendekati dinding dalam bangunan dan tetap merunduk, lalu lindungi bagian kepala dan leher dengan kedua tangan.

Jika gempa terjadi saat tidur, usahakan tetap berada di tempat tidur lalu lindungi bagian kepala dan leher dengan bantal-bantal. Hal ini dikarenakan pada malam hari, tidak ada cahaya yang cukup terutama untuk berlari menyelamatkan diri.

  1. Tunggu sampai gempa berhenti

Saat berada di area tempat perlindungan, sebaiknya tunggu sampai gempa berhenti.

  1. Hindari area yang tidak stabil dan berbahaya
  • Hindari jendela. Saat menunggu gempa berhenti, jauhi area jendela karena terdapat kaca yang mudah pecah.
  • Hindari pintu. Pintu merupakan bagian rumah yang tidak stabil, jadi hindari berlindung di samping pintu untuk mengindari risiko cedera.

Jika Berada di Luar Ruangan

  1. Saat berada di luar ruangan, hindari posisi dekat dengan area gedung bertingkat lalu posisikan tubuh dalam keadaan merunduk. Selain itu, lindungi bagian kepala dan leher dengan kedua tangan dan tunggu sampai gempa berhenti.
  2. Saat berada di dalam kendaraan, segera hentikan kendaraan di tempat yang aman (tidak dekat dengan area gedung, pohon, jembatan layang, dan tiang listrik). Setelah itu, tetap diam di dalam mobil sampai gempa berhenti.

Ingatlah bahwa saat terjadi bencana, hanya Anda yang dapat menolong diri sendiri. Karena itu, tetap tenang agar Anda dapat mengambil langkah penyelamatan yang tepat.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar