Sukses

Bagaimana Agar Terhindar dari Gangguan Jiwa?

Gangguan jiwa tidak pernah pandang bulu. Ia bisa terjadi pada siapa saja, termasuk Anda. Cegah dengan cara-cara berikut ini.

Nana kerap merasa sedih. Sejak 3 bulan terakhir ia mengurung diri di kamar, tidak nafsu makan, dan sulit tidur di malam hari.

Ibunya mencoba mengajaknya berkomunikasi, tetapi Nana enggan untuk bercerita. Khawatir akan kondisi putrinya, sang ibu membawa Nana untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri.

Cerita di atas merupakan contoh kasus seorang wanita yang mengalami depresi. Selain depresi, ada banyak lagi jenis gangguan jiwa dan siapa saja sebenarnya dapat mengalami kondisi tersebut.

Apa saja hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan jiwa?

  1. Berhubungan baik dengan keluarga

Hubungan baik dengan keluarga merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dukungan dan perhatian dari mereka tentu akan membuat Anda lebih bahagia. Selain itu, tak jarang konflik yang terjadi dengan keluarga dapat memicu terjadinya suatu gangguan jiwa.

  1. Mendekatkan diri dengan Tuhan

Salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan jiwa adalah ketenangan batin. Itu semua dapat diperoleh dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Orang-orang yang mendekatkan diri dengan Tuhan akan cenderung hidup lebih teratur dan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang justru dapat membahayakan kesehatan fisik dan mentalnya.

  1. Berpikir positif dan belajar dari kegagalan

Berusaha untuk berpikir positif dan menikmati segala proses kehidupan merupakan salah satu cara agar terhindar dari gangguan jiwa. Selain itu, jika Anda memperoleh suatu kegagalan, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk menyerah. Namun, belajarlah dari kegagalan tersebut dan berusahalah untuk memperbaikinya pada masa yang akan datang.

  1. Menjaga hubungan baik dengan orang-orang sekitar

Selain lingkungan keluarga, orang-orang sekitar seperti tetangga, teman-teman, rekan kerja, dan orang-orang lain yang sering berinteraksi dengan Anda juga dapat menjadi faktor pemicu atau justru faktor pencegah suatu gangguan jiwa. Oleh karena itu, menjaga hubungan baik dengan orang-orang sekitar sangat penting.

  1. Mengungkapkan isi hati kepada orang yang dipercaya

Kebanyakan gangguan jiwa berawal dari masalah yang dipendam sendiri, sehingga lama-kelamaan menumpuk dan semakin membuat stres. Mengungkapkan isi hati kepada orang yang dipercaya –seperti pasangan, keluarga, teman, atau orang yang dipercaya lainya– akan sangat membantu meringankan masalah dan mencegah terjadinya gangguan jiwa.

  1. Menjauhkan diri dari perbuatan yang dapat merusak diri

Perbuatan-perbuatan yang dapat merusak diri seperti mengonsumsi narkoba dan melakukan tindakan kriminal sebenarnya merupakan suatu bumerang bagi diri sendiri. Hal tersebut dapat menjadi pemicu suatu masalah pada kemudian hari, salah satunya gangguan jiwa.

Sebenarnya, banyak lagi cara yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan jiwa. Namun, paling tidak kini Anda telah mengetahui enam hal yang dapat menghindarkan Anda dari kondisi tersebut. Apabila Anda merasa stres terhadap suatu masalah, sebaiknya diskusikan dengan orang terdekat agar bisa ditangani dengan baik.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar