Sukses

Pentingnya Probiotik untuk Seribu Hari Pertama Kehidupan Anak

Seribu hari pertama kehidupan anak sangatlah penting bagi masa depannya. Oleh karena itu, optimalkan tumbuh kembangnya dengan bantuan probiotik.

Seribu hari pertama kehidupan adalah masa-masa penting bagi tumbuh kembang anak. Bagaimana tidak, landasan awal dari pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif sebagian besar terbentuk sejak bayi lahir hingga ia berusia 2 tahun.

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh segala sesuatu yang terjadi dalam seribu hari pertama tersebut. Baik makanan dan minuman yang ia konsumsi, serta apakah ia sehat atau sering menderita penyakit.

Namun demikian, WHO memperkirakan masih ada 115 juta anak balita yang berat badannya kurang. Seperempat dari anak-anak di negara berkembang di Asia dan Afrika pun ditemukan mengalami kurang gizi.

Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai keadaan. Beberapa di antaranya: gizi ibu hamil yang kurang, tidak mendapat ASI eksklusif, kurang gizi, dan sering terkena penyakit infeksi.

Probiotik dan Perannya

Saat ada berbagai penelitian tentang probiotik dewasa ini yang menjadi titik cerah dalam mengoptimalkan kesehatan pencernaan dan kecukupan nutrisi bagi anak. Jenis-jenis probiotik antara lain adalah Bifidobacterium, Lactobacillus, dan Streptococcus.

Dr. Rina Agustina, M.Sc., Ph.D., menyatakan bahwa probiotik adalah bakteri baik yang dapat tumbuh dan berkembang di usus, serta memberikan manfaat kesehatan bagi manusia. Informasi tersebut disampaikan dalam dalam seminar Human Nutrition Research Cluster.

Dalam seminar yang diadakan di Jakarta pada bulan November 2016 ini, Dr. Rina menejlaskan manfaat probiotik dalam melindungi saluran pencernaan anak dari diare. Pemberian probiotik ditemukan dapat mengurangi insiden, keparahan, dan lama diare pada anak.

Probiotik tidak hanya dapat membantu mengatasi diare akut akibat infeksi virus, melainkan juga bermanfaat bagi diare yang disebabkan oleh antibiotik. Selain itu, berbagai penelitian juga membuktikan bahwa probiotik dapat memperbaiki tumbuh kembang anak dengan meningkatkan penyerapan berbagai nutrien, seperti kalsium, seng, vitamin B12, serta mengurangi risiko anemia pada anak.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Dr. dr. Agus Firmansyah, Sp.A.(K)., juga menambahkan bahwa khasiat probiotik ini dapat dioptimalkan dengan turut mengonsumsi prebiotik.

Prebiotik adalah bahan makanan yang tidak dapat dicerna oleh usus manusia, tetapi dapat menstimulasi pertambahan jumlah probiotik di dalam usus. Artinya prebiotik merupakan ‘makanan’ bagi probiotik.

Optimalkan Seribu Hari Pertama Anak

Anda dapat membantu mengoptimalkan seribu hari pertama anak dengan memberikan probiotik dan prebiotik ke dalam menu makanannya. Pertama, berikan ASI eksklusif selama 6 bulan. ASI kaya akan probiotik dan prebiotik yang akan menjaga kesehatan usus bayi sejak dini.

Setelah ia dapat mengonsumsi makanan padat, berikan makanan dan minuman yang mengandung probiotik. Contohnya yoghurt, tempe, dan susu yang telah difortifikasi dengan probiotik.

Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan bahan makanan yang mengandung prebiotik, seperti alpukat, kacang-kacangan, bawang putih, bawang merah, dan asparagus.

Anak sehat, masa depan pun cerah.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar