HomeInfo SehatKulitAdakah Cara Memutihkan Kulit Penis?
Kulit

Adakah Cara Memutihkan Kulit Penis?

dr. Reza Fahlevi, 19 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kulit penis umumnya berwarna lebih gelap dibandingkan kulit bagian tubuh lainnya. Namun, perlukah memutihkan kulit penis?

Adakah Cara Memutihkan Kulit Penis?

Hendri (29) bertanya-tanya mengenai kulit penisnya berwarna lebih gelap dibandingkan kulit bagian tubuhnya lainnya. Padahal area tersebut tidak pernah terkena cahaya matahari.

Perubahan ini dirasakannya setelah beranjak dewasa. Selanjutnya ia mulai mencari informasi di internet mengenai cara memutihkan kulit penisnya. Tapi, sebenarnya, mengapa kulit penis lebih gelap dari kulit bagian tubuh lainnya?

Pada kulit manusia, terdapat sel melanosit yang menghasilkan pigmen sehingga menimbulkan warga gelap pada kulit. Jumlah dan aktivitas sel melanosit ini dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Itulah sebabnya daerah genital dan puting, baik pria maupun wanita, lebih gelap dari bagian tubuh yang lain.

Sebelum pubertas, warna kulit di seluruh tubuh relatif sama. Setelah pubertas, perbedaan warna kulit pada daerah genital dan puting dengan daerah lainnya akan semakin terlihat. Ini merupakan proses yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Selain proses normal, ada beberapa keadaan lain yang menyebabkan kulit penis lebih gelap dari seharusnya. Di antaranya perubahan warna kulit penis akibat bekas luka lecet, memar, dan pertumbuhan jamur.

Kulit penis yang menggelap memang bisa diputihkan. Namun, apakah Anda perlu melakukan itu?

Telah dijelaskan bahwa perubahan warna kulit penis adalah proses normal akibat kerja hormon reproduksi. Ini terjadi pada semua orang, tidak hanya pada Anda. Dengan demikian, memutihkan kulit penis sebenarnya tidak diperlukan.

Apabila perubahan warna kulit penis diakibatkan oleh bekas luka lecet atau memar, Anda bisa melakukan tindakan -jika memang hal tersebut sangat mengganggu. Jika perubahan terjadi akibat infeksi jamur, sudah pasti Anda harus menggatasi infeksinya.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Nantinya dokter akan menilai dan memeriksa penyebab perubahan warna tersebut.

Jika memang terjadi karena bekas luka lecet atau memar, akan diberikan krim khusus yang aman untuk memutihkan kulit penis. Jika penyebabnya adalah jamur atau infeksi lain, dokter akan mengobati infeksi tersebut terlebih dahulu.

Hal yang paling penting adalah menjaga kebersihan penis. Selain itu, hindari kelembapan berlebih di daerah penis, untuk mencegah pertumbuhan jamur atau kuman lain di area tersebut.

[RS/RH]

 

PenisKulit Sekitar PenisKulit Penis

Konsultasi Dokter Terkait