Sukses

Perut Buncit, Keturunan atau Tidak?

Benarkah perut buncit dipengaruhi oleh faktor keturunan? Yuk, cari tahu faktanya di sini.

Perut buncit. Persoalan yang satu ini tak hanya mengganggu penampilan, tapi juga berpotensi menimbulkan penyakit tertentu. Selain disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, banyak yang menghubungkan perut buncit dengan faktor keturunan. Lalu adakah penjelasan medis tentang hal ini?

Perut Buncit

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada dua cara untuk menentukan apakah Anda memiliki perut buncit atau tidak. Cara pertama adalah dengan menghitung perbandingan antara pinggang dan pinggul (waist-to-hip ratio). Jika ditemukan perbandingan 0,85 pada wanita dan 0,9 pada pria, maka orang tersebut dapat dikatakan memiliki perut buncit.

Sedangkan cara kedua untuk menentukan buncit/tidaknya seseorang adalah dengan mengukur lingkar pinggang (waist circumference). Untuk orang Asia, perut buncit terjadi apabila lingkar pinggang di atas 80 cm pada wanita dan 90 cm pada pria.

Perut buncit sering terjadi pada orang dengan berat badan berlebih dan obesitas. Selain membuat Anda kurang percaya diri, kondisi tersebut juga membahayakan bagi kesehatan karena berhubungan erat dengan beberapa penyakit –seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Hubungannya dengan Faktor Keturunan

Peneliti sudah menemukan beberapa gen yang berhubungan dengan perut buncit. Gen tersebut memengaruhi kecenderungan tubuh untuk menyimpan lemak di bagian perut. Tak hanya itu, gen juga berhubungan terhadap hormon kortisol dan leptin –yang mengatur asupan makanan dan berat badan.

Perut buncit juga dipengaruhi oleh kebiasaan diet, olahraga, stres, dan lain-lain. Kondisi ini sering dialami oleh beberapa atau seluruh anggota dari sebuah keluarga. Selain faktor keturunan, kebiasaan diet dan olahraga yang ada di keluarga tersebut juga ikut ambil peran.

Pada akhirnya semua penjelasan tadi memang menguatkan penyataan adahanya hubungan perut buncit dengan faktor keturunan. Tapikondisi tersebut juga dipengaruhi oleh banyak faktor lain –seperti diet dan olahraga. Artinya, meskipun memiliki keturunan dengan kondisi perut buncit, Anda dapat menghindarinya dengan menerapkan diet sehat dan olahraga teratur.

(NB/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar