Sukses

Mau Bebas dari Osteoporosis? Makan Ini

Jika tidak ingin menjadi korban osteoporosis selanjutnya, Anda harus makan! Eits, baca dulu artikel ini agar tak salah memilih makanan.

Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang mengalami pengeroposan. Hal tersebut membuat tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Biasanya osteoporosis menyerang mereka yang berusia di atas 50 tahun. Namun kini, penyakit ini juga mulai menyerang usia muda.

Tidak perlu khawatir. Jika Anda tidak ingin menjadi korban selanjutnya, salah satu tindakan yang perlu Anda lakukan adalah makan. Tapi jangan salah! Maksudnya di sini adalah menerapkan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tulang, sebagai berikut:

  1. Konsumsi makanan tinggi protein

Protein memegang peranan penting dalam produksi kolagen untuk kesehatan tulang. Jika Anda mengonsumsi cukup protein sewaktu pembentukan tulang di masa muda, maka risiko osteoporosis di masa tua akan menurun. Sebaiknya hindari makanan tinggi lemak jenuh, seperti daging merah, kulit ayam, lemak babi, mentega dan krim. Makanan tersebut dapat membuat tulang semakin tipis.

  1. Buah dan Sayuran

Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tulang. Senyawa fenol dan flavonoid yang terkandung dalam buah dan sayur dapat meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, makanan jenis ini juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang berguna untuk otot-otot penopang tulang. Konsumsi buah dan sayuran yang berwarna hijau, kuning, oranye, dan merah setiap hari agar Anda mendapat gizi yang berbeda-beda.

  1. Makanan tinggi Kalsium

Kalsium membantu meningkatkan kepadatan tulang, mencegah kehilangan tulang, dan patah tulang. Untuk membantu menyerap kalsium, Anda juga memerlukan asupan kaya vitamin D. Kedua gizi tersebut dapat Anda temukan pada produk susu rendah/tanpa lemak, yoghurt, salmon, sarden, dan sayuran hijau gelap.

  1. Hindari konsumsi alkohol dan minuman berkafein

Alkohol dapat memicu terjadinya pengeroposan tulang. Sedangkan kafein yang sering ditemukan pada kopi, teh dan soft drink dapat menghambat penyerapan kalsium di dalam tubuh.

  1. Kurangi garam

Penelitian menyebutkan, garam dalam jumlah berlebih menyebabkan tubuh kehilangan kalsium. Akibatnya sehingga tulang menjadi keropos.

Bagaimana cara mengurangi asupan garam?

  • Kurangi kebiasaan membeli makanan di luar. Masaklah sendiri makanan Anda, agar garam yang digunakan bisa diatur.
  • Hindari makanan tinggi garam. Misalnyadaging asap, sayuran kaleng, daging yang dibekukan, mustard atau salad dressing, saus tomat dan makanan kemasan.

Tidak hanya untuk mencegah osteoporosis, menerapkan pola makan di atas juga dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya lainnya. Asalkan diikuti dengan pola hidup sehat, dan olahraga secara rutin dan teratur.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar