Sukses

Kapan Sebaiknya Anak Mulai Belajar Berenang?

Anak-anak biasanya senang bermain air. Maka wajar jika suatu hari anak meminta untuk belajar berenang. Tapi, apakah ia sudah cukup umur untuk belajar berenang?

Bermain air selalu menjadi aktivitas menyenangkan bagi anak-anak. Baik itu sekadar bermain semprotan air di rumah atau berenang di kolam renang. Beberapa orangtua menginginkan anak mereka pandai berenang. Mereka pun mulai mengajarkan anak mereka berenang sedari bayi. Sebenarnya, kapan waktu yang tepat bagi anak untuk belajar berenang?

Menurut beberapa ahli, mengajarkan anak berenang paling baik dilakukan saat usia mereka 4-5 tahun. Ada fakta menarik di balik hal ini. Pada tahun 2010, Asosiasi Dokter Anak Amerika merekomendasikan pelajaran berenang saat anak berusia 4 tahun. Setelah 2010, penelitian menunjukkan penurunan risiko anak yang tenggelam saat berenang jika mereka dikenalkan cara berenang saat usia prasekolah.

Jika anak masih di bawah 4 tahun dan Anda tetap ingin mengajarkannya berenang, tanyakanlah pada diri Anda: Apakah anak sudah siap secara fisik dan mental? Penting untuk mengetahui hal tersebut, karena peran orangtua sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anak saat belajar berenang.

Mengajarkan berenang pada anak di bawah usia 4 tahun bukanlah tanpa risiko. Kuman-kuman yang ada di air rawan berisiko menyerang anak yang belajar berenang. Mulai dari bayi hingga anak-anak, selalu ada kemungkinan menelan air saat berenang. Faktor lain yang perlu diperhatikan ialah suhu udara. Sebisa mungkin, udara tidak terlalu dingin agar anak tidak kedinginan hingga menggigil dan sakit.

Memilih pelatih renang yang tepat juga tidak boleh dilupakan. Carilah pelatih yang berpengalaman, menyukai anak-anak, dan disiplin. Lalu, pastikan tempat berenang memiliki penjaga kolam renang yang bisa menjaga keamanan anak

Anak sudah mampu berenang dengan baik? Anda tentu merasa bangga dengan pencapaian ini. Tapi, bukan berarti Anda bisa mengurangi pengawasan. Jagalah keselamatan anak selama berenang dengan selalu mendampinginya. Selamat bermain air!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar