Sukses

Ternyata, Ini Fungsi Kulit bagi Tubuh Manusia

Tak hanya menjadi pelindung terluar dari tubuh, kulit juga memiliki beragam peran penting lainnya. Yuk, intip fungsi kulit bagi tubuh manusia berikut ini.

Kulit merupakan organ tubuh manusia yang terbesar, dengan luas total sekitar 1.85 meter persegi. Bahkan, sekitar 7 persen berat Anda merupakan bagian dari kulit, lho!

Selain itu, kulit memiliki tiga lapisan utama, yakni:

  • Epidermis: lapisan kulit terluar, memberikan perlindungan yang tahan air, dan menciptakan warna kulit seseorang.
  • Dermis: letaknya di bawah epidermis, mengandung jaringan ikat yang keras, folikel rambut, dan kelenjar keringat.
  • Jaringan subkutan yang lebih dalam (hipodermis) terbuat dari lemak dan jaringan ikat.

Lalu, sebenarnya apa saja fungsi kulit bagi tubuh manusia? Berikut di antaranya:

1 dari 5 halaman

1. Kulit sebagai Alat Proteksi

Kulit bertugas menjaga bagian dalam tubuh terhadap gangguan fisik dari luar, gangguan kimiawi, gangguan yang bersifat panas, serta gangguan infeksi (terutama kuman atau bakteri dan jamur).

2. Kulit sebagai Alat Ekskresi

Kelenjar-kelenjar kulit akan mengeluarkan zat sisa metabolisme berupa keringat yang mengandung urea, natrium klorida, amonia, serta asam urat melalui pori-pori yang ada.

Lapisan epidermis kulit manusia juga mensintesis vitamin D saat terkena radiasi UV.

Terdapat suatu bentuk vitamin D3 yang disintesis dari turunan kolesterol steroid di kulit dan akan aktif jika terpapar sinar matahari. Bentuk ini disebut dengan cholecalciferol. Cholecalciferol memiliki peranan penting untuk penyerapan normal kalsium dan fosfor, yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Artikel lainnya: Kenali Cara Imunitas Kulit dalam Melindungi Tubuh

2 dari 5 halaman

3. Kulit sebagai Indra Peraba

Salah satu fungsi kulit bagi tubuh manusia adalah sebagai indra peraba. Ini karena epidermis, dermis, dan hipodermis mengandung struktur saraf sensorik khusus yang mendeteksi sentuhan, suhu, dan nyeri.

Reseptor ini lebih terkonsentrasi pada ujung jari, yang paling sensitif terhadap sentuhan, terutama sel Meissner yang merespons sentuhan ringan, dan sel Pacinian yang merespons getaran.

4. Kulit sebagai Pengatur Suhu Tubuh Manusia

Kulit melakukan peran ini dengan cara mengeluarkan keringat dan mengerutkan pembuluh darah.

Suhu tubuh diatur oleh suatu area di otak yang dikenal sebagai hipotalamus. Hipotalamus meregulasi suhu tubuh dan mengontrolnya dengan membuka dan menutup kelenjar keringat serta otot yang berkontraksi.

3 dari 5 halaman

5. Kulit sebagai Pembentuk Pigmen

Sel pembentuk pigmen (melanosit) terletak di lapisan basal kulit. Jumlah melanosit dan besarnya butiran pigmen (melanosom) menentukan warna kulit seseorang.

Semakin banyak maka warna, kulit pun akan semakin gelap. Paparan terhadap sinar matahari memengaruhi produksi melanosom.

6. Kulit sebagai Media Penyambung Tulang dan Otot

Tahukah Anda, salah satu fungsi kulit bagi tubuh manusia adalah sebagai penyambung tulang dan otot?

Lapisan terdalam kulit disebut jaringan subkutan, hipodermis, atau subkutis. Secara teknis, ini bukan bagian dari kulit tetapi membantu menempelkan kulit ke tulang dan otot yang mendasarinya.

Artikel lainnya: Kiat Mengatasi Masalah Kulit Karena Stres

4 dari 5 halaman

7. Kulit sebagai Pelindung Tulang dan Otot

Sebagian besar hipodermis terbuat dari lemak, jaringan ikat, dan elastin.

Kadar lemak yang tinggi membantu melindungi tubuh dan mencegah kita kehilangan terlalu banyak panas. Lapisan lemak juga berfungsi untuk melindungi tulang dan otot Anda.

Walaupun jarang diperhatikan, ternyata kesehatan kulit dapat menunjang kelangsungan hidup Anda. Pilihan perawatan kulit yang baik dan gaya hidup sehat dapat membantu menunda penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit.

Jika Anda kurang memanjakan kulit dengan berbagai perawatan, paling tidak Anda dapat menguasai beberapa tips dasar menjaga kesehatan kulit berikut ini:

  • Lindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih, dengan menggunakan sunscreen atau pelindung lain seperti topi, payung, atau pakaian berlengan panjang.
  • Hindari merokok, karena merokok membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan berkontribusi pada terjadinya kerutan dini.
  • Rawat kulit Anda dengan lembut, karena pembersihan yang rutin dengan produk skin care yang tepat bisa berdampak baik pada kulit.
  • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Pola makan yang sehat dapat membantu Anda tampil dan merasa awet muda.
  • Kelola stres Anda dengan sering melakukan hobi atau kegemaran Anda.
  • Olahraga secara teratur juga membantu kulit tampak berkilau.

Kini, Anda jadi lebih mengerti seputar fungsi dan kesehatan kulit. Kulit memiliki banyak peran penting untuk kelangsungan hidup manusia. Untuk itu, jagalah kesehatan kulit Anda sejak dini, sebelum masalah kulit dan penuaan dini datang menghampiri Anda.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai fungsi kulit bagi tubuh manusia dan cara menjaga kesehatan kulit? Tanyakan langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar