Sukses

Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Gigi Kuning

Ternyata, gigi kuning itu bisa disebabkan oleh makanan dan minuman juga, lho. Ini dia daftar makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning.

Memiliki gigi kuning memang akan membuat kepercayaan diri jadi menurun, terlebih saat Anda bertemu dengan orang lain. Umumnya, hal ini disebabkan oleh kebersihan gigi dan mulut yang kurang terawat secara teratur.

Selain itu, munculnya noda kuning pada permukaan gigi juga dapat disebabkan oleh hal lain, salah satunya makanan atau minuman. Bila ingin terbebas dari masalah ini, yuk ketahui beberapa makanan dan minuman yang bisa jadi penyebab gigi kuning:

 

  1. Buah-buahan

Blueberryblackberry, stroberi, cherry, dan delima merah adalah beberapa buah dengan warna mencolok sehingga dapat meninggalkan noda pada gigi. Begitu juga dengan jus dan kue yang memiliki campuran dari buah-buahan tersebut.

Sedangkan, buah-buahan dengan warna yang lebih pucat, seperti anggur hijau, dan cranberry memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menyebabkan noda pada gigi.

Meski demikian, buah tersebut juga mengandung asam yang lama kelamaan dapat melunakkan enamel gigi.

  1. Teh

Minuman ini bisa dikatakan baik bagi kesehatan. Namun, terlalu sering minum teh bisa membuat gigi menjadi kuning, terutama untuk jenis teh hitam.

Sebab, teh hitam mengandung banyak tanin, sehingga lebih agresif menodai gigi dibandingkan dengan teh hijau, teh herbal, dan teh putih.

  1. Kopi

Kopi memang bisa meningkatkan stamina dan mencegah kantuk. Namun, kandungan tanin (asam tanat) pada minuman ini dapat menyebabkan plak pada permukaan gigi hingga menjadi berwarna kecokelatan. Gigi pun akan tampak menguning.

Artikel lainnya: Cara yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan untuk Memutihkan Gigi

Tak hanya itu, tanin juga membuat pH pada kopi menjadi rendah atau bersifat asam. Kondisi ini dapat melunakkan email gigi, sehingga gigi makin mudah untuk disusupi zat warna.

  1. Kecap

Makanan akan terasa lebih nikmat, ya, bila ditemani kecap. Sayangnya, meski bersahabat dengan lidah, pelengkap makanan ini bisa jadi “musuh” bagi gigi.

Meski kecap menjadi tambahan klasik untuk menumis hidangan, tetapi pewarnaan kedelai yang gelap mungkin dapat tertinggal di gigi lama setelah Anda selesai makan.

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki tingkat keasaman yang tinggi, yaitu 2,52. Zat asam, pewarna buatan, dan komponen pemanis buatan dalam minuman ini dapat melemahkan enamel gigi.

Akhirnya, dapat menyebabkan karies gigi atau gigi berlubang. Enamel gigi yang lunak juga rentan disusupi noda, sehingga gigi akan lebih mudah berubah warna.

  1. Buah Beet

Buah beet mengandung vitamin dan mineral yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun, warna yang terdapat pada buah ini sangat kuat untuk menodai gigi, terlebih dalam bentuk jus.

Pastikan untuk menyikat gigi dalam waktu satu jam setelah mengonsumsinya. Sehingga, noda tidak punya waktu untuk terbentuk.

Artikel lainnya: Efektifkah Memutihkan Gigi dengan Baking Soda?

  1. Kari

Ini adalah salah satu masakan lezat khas India dan terkenal dengan warnanya yang kuning. Dengan intensitas warna yang kuat, tidak heran bila makan banyak kari bisa menyebabkan noda menempel di gigi.

  1. Saus Tomat

Tomat merupakan sumber nutrisi penting. Tetapi, pigmen yang menyebabkan warna merah tua pada saus tomat dapat membuat bekas noda tertinggal pada permukaan gigi.

  1. Es Krim Stik

Makan es krim di siang hari yang panas tentu sangat nikmat. Namun, perubahan warna pada bibir, lidah, dan gigi dapat muncul setelah Anda menyantap es krim stik tersebut.

Kunyahlah permen karet tanpa gula agar noda pada gigi tidak terbentuk.

  1. Anggur Merah

Anda gemar minum wine? Anggur merah adalah salah satu minuman yang bisa jadi penyebab gigi berubah warna. Kandungan asam tannic di dalamnya dapat menyebabkan timbulnya bintik-bintik cokelat pada gigi.

Untuk mengatasinya, jagalah selalu kebersihan gigi dan mulut. Anda bisa berkumur setelah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, lalu tunggu 30 menit hingga 1 jam sebelum menggosok gigi.

Bila tidak memungkinkan, mengunyah permen karet tanpa gula juga dapat mencegah agar noda tidak terbentuk.

Selain itu, gunakan sedotan saat mengonsumsi minuman seperti es teh, soda, atau jus. Ini dapat menjauhkan gigi dari cairan tersebut. Dengan melakukan pencegahan, munculnya gigi kuning pun dapat dihindari.

Itulah beberapa makanan yang dapat meninggalkan bekas noda pada permukaan gigi sehingga gigi akan terlihat lebih kuning. Bila ingin konsultasi tentang mengatasi gigi kuning dan kesehatan gigi, chat dokter gigi via Live Chat di aplikasi KlikDokter!

(FR/RPA)

1 Komentar