Gigi Mulut

Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Gigi Kuning

drg. Callista Argentina, 09 Des 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Ternyata, gigi kuning itu bisa disebabkan oleh makanan dan minuman juga, lho. Ini dia daftar makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning.

Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Gigi Kuning

Gigi kuning memang akan membuat kepercayaan diri jadi menurun, terlebih saat Anda bertemu dengan orang lain. Umumnya, penyebab gigi kuning adalah kebersihan gigi dan mulut yang kurang terawat.

Selain itu, munculnya noda kuning pada permukaan gigi dapat disebabkan oleh makanan atau minuman.

Bila ingin terbebas dari masalah ini, yuk ketahui beberapa makanan yang bisa membuat gigi kuning:

 

1. Buah Beri

Blueberryblackberry, dan stroberi adalah beberapa buah dengan warna mencolok sehingga dapat meninggalkan noda pada gigi. Begitu juga dengan jus dan kue yang memiliki campuran dari buah-buahan tersebut, ini bisa menjadi makanan penyebab gigi kuning.

Sementara itu, buah-buahan dengan warna yang lebih pucat, seperti anggur hijau dan cranberry, memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menyebabkan noda pada gigi.

Meski demikian, buah tersebut juga mengandung asam yang lama-kelamaan dapat melunakkan enamel gigi.

2. Teh

Minuman ini bisa dikatakan baik bagi kesehatan. Namun, terlalu sering minum teh bisa membuat gigi menjadi kuning, terutama untuk jenis teh hitam.

Sebab, teh hitam mengandung banyak tanin, sehingga lebih agresif menodai gigi dibandingkan dengan teh hijau, teh herbal, dan teh putih.

Artikel Lainnya: Waspada, Ngevape Bisa Bikin Gigi Kuning

3. Kopi

Kopi memang bisa meningkatkan stamina dan mencegah kantuk. Namun, kandungan tanin (asam tanat) pada minuman ini dapat menyebabkan plak pada permukaan gigi hingga menjadi berwarna kecokelatan. Gigi pun akan tampak menguning.

Tak hanya itu, tanin juga membuat pH pada kopi menjadi rendah atau bersifat asam. Kondisi ini dapat melunakkan email gigi, sehingga gigi makin mudah untuk disusupi zat warna.

4. Kecap 

Makanan akan terasa lebih nikmat, ya, bila ditemani kecap. Sayangnya, meski bersahabat dengan lidah, pelengkap makanan ini bisa jadi “musuh” bagi gigi.

Meski kecap menjadi tambahan klasik untuk menumis hidangan, tetapi pewarnaan kedelai yang gelap mungkin dapat tertinggal di gigi cukup lama setelah Anda selesai makan.

Oleh sebab itu, kecap bisa menjadi salah satu makanan yang membuat gigi kuning.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki tingkat keasaman yang tinggi, yaitu 2,52. Zat asam, pewarna buatan, dan komponen pemanis buatan dalam minuman ini dapat melemahkan enamel gigi, sekaligus menjadi minuman yang membuat gigi kuning.

Akhirnya, dapat menyebabkan karies gigi atau gigi berlubang. Enamel gigi yang lunak juga rentan disusupi noda, sehingga gigi akan lebih mudah berubah warna.

Artikel Lainnya: Ini Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami di Rumah

6. Buah Bit

Buah bit mengandung vitamin dan mineral yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun, buah ini termasuk makanan yang menyebabkan gigi kuning.

Warna yang terdapat pada buah bit sangat kuat untuk menodai gigi, terlebih dalam bentuk jus.

Jadi, pastikan untuk menyikat gigi dalam waktu satu jam setelah mengonsumsinya sehingga noda tidak punya waktu untuk terbentuk.

7. Kari

Kari termasuk makanan yang membuat gigi kuning. Dengan intensitas warnanya yang kuat, tidak heran bila makan banyak kari bisa menyebabkan noda menempel di gigi.

8. Saus Tomat

Tomat merupakan sumber nutrisi penting. Namun, pigmen yang menyebabkan warna merah tua pada saus tomat dapat membuat bekas noda tertinggal pada permukaan gigi. Oleh karena itu, konsumsi banyak saus tomat bisa membuat gigi menjadi lebih kuning.

9. Es Krim Stik

Makan es krim stik di siang hari yang panas tentu sangat nikmat. Namun, perubahan warna pada bibir, lidah, dan gigi dapat muncul setelah Anda menyantapnya.

Selain es krim, permen anak-anak juga bisa menjadi makanan yang dapat menyebabkan gigi kuning. Sebab umumnya, permen tersebut berwarna-warni.

Kunyahlah permen karet tanpa gula agar noda pada gigi tidak terbentuk.

Artikel Lainnya: Pakai Behel Bisa Bikin Gigi Kuning, Ini Alasannya

10. Anggur Merah

Anda gemar minum wine? Anggur merah adalah salah satu minuman yang bisa jadi penyebab gigi berubah warna.

Kandungan asam tannic di dalamnya dapat menyebabkan timbulnya bintik-bintik cokelat pada gigi. Terlebih lagi jika Anda sering minum wine, ini akan membuat gigi menjadi lebih cepat kuning.

11. Cuka

Cuka memiliki rasa yang asam dan mengandung asam asetat. Jika mengonsumsi makanan yang mengandung asam terlalu sering, maka permukaan email gigi menjadi lunak.

Lama-kelamaan, mineral dalam gigi bisa larut sehingga menimbulkan keropos halus. Inilah yang membuat warna gigi bisa menjadi kuning.

Terlebih lagi struktur gigi yang keropos akan mengikat zat warna dari makanan lain, sehingga warna gigi bisa lebih kuning lagi.

12. Buah Lemon

Di balik berbagai manfaat baiknya, sifat asam dari lemon bisa membuat email gigi menjadi lunak dan pH rongga mulut menjadi asam.

Suasana rongga mulut yang asam terus-menerus dapat membuat gigi mudah mengalami keropos. Gigi yang permukaannya keropos akan terlihat menguning dan bisa menangkap zat warna dari makanan lain. Warna gigi pun akan menjadi lebih kuning lagi.

Itulah makanan dan minuman yang bisa membuat gigi kuning. Berkumurlah dengan air putih setelah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, lalu tunggu 30 menit hingga 1 jam sebelum menggosok gigi.

Jangan lupa jaga kebersihan gigi dan mulut dengan melakukan pembersihan karang gigi secara rutin ke dokter setiap 6 bulan sekali.

Bila ingin konsultasi mengenai cara mengatasi gigi kuning atau seputar kesehatan gigi, chat dokter gigi via Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

gigi kuningGigi

Konsultasi Dokter Terkait