Reproduksi

Apa Itu Menopause Dini?

dr. Theresia Rina Yunita, 16 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Baca kupas tuntas soal menopause dini dan faktor-faktor penyebabnya di sini.

Apa Itu Menopause Dini?

Menopause dini sebenarnya sangat jarang terjadi. Hanya terdapat sebanyak 1 dari 10.000 wanita di bawah usia 20 tahun yang akan mengalami hal ini. Namun, sejalan dengan bertambahnya usia, angka kejadian menopause dini akan meningkat. Pada usia di bawah 30 tahun, sebanyak 1 dari 1.000 wanita dan pada usia di bawah 40 tahun sebanyak 1 dari 100 wanita di dunia mengalami menopause dini.

Kebanyakan wanita mengalami menopause antara usia 40 hingga 60 tahun. Sedangkan, menopause dini terjadi ketika seorang wanita mengalami menopause sebelum usia 40 tahun. Sebenarnya sulit untuk memastikan penyebab terjadinya menopause dini. Namun, beberapa peneliti telah menyimpulkan faktor-faktor risikonya, seperti:

  • Genetik
  • Gaya hidup
  • Kelainan kromosom
  • Penyakit autoimun
  • Epilepsi
  • Operasi pengangkatan ovarium
  • Operasi pengangkatan rahim
  • Kemoterapi atau radiasi di daerah pinggul untuk pengobatan kanker

Artikel Lainnya : Panduan Pola Hidup Sehat Saat Menopause

Ketika seorang wanita mengalami menopause dini, artinya ia telah mengalami akhir dari masa subur di mana kemungkinan untuk memiliki anak akan berkurang. Setiap bayi perempuan terlahir dengan satu juta sel telur yang belum matang, kemudian seiring bertambahnya usia atau beranjak dewasa, jumlah sel telur hanya mencapai 400 yang matang dan siap untuk dikeluarkan. Sehingga diperkirakan sel telur akan habis dalam jangka waktu 30 tahun sejak menstruasi pertama (pengeluaran sel telur yang pertama kali terjadi). Setelah sel telur habis, maka kemungkinan wanita untuk dibuahi atau mengalami kehamilan hampir mustahil.

Jika Anda mengalami menopause dini dan masih ingin memiliki anak, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli infertilitas. Berkonsultasi dengan ahlinya akan membantu Anda mengambil langkah yang tepat.

[RS/RH]

WanitaMenopause DiniMenopause

Konsultasi Dokter Terkait