Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan Umum6 Langkah Mencuci Tangan yang Benar
Kesehatan Umum

6 Langkah Mencuci Tangan yang Benar

dr. Karunia Ramadhan, 15 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar agar terhindar dari kuman penyakit? Baca selengkapnya di sini.

6 Langkah Mencuci Tangan yang Benar

Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah paling penting untuk mencegah penyakit. Menurut penelitian, mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit (seperti influenza, diare, hingga hepatitis A) hingga 50%. Karena itu, penting untuk mengetahui cara mencuci tangan yang benar sesuai standar World Health Organisation (WHO) dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara terbaik untuk membunuh kuman. Namun bila tidak tersedia, Anda dapat menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60% sebagai gantinya. Kendati demikian, penggunaan hand sanitizer tidak dibenarkan jika tangan Anda terdapat kotoran yang sangat kotor dan sulit bersihkan.

Sebelum mencuci tangan, pastikan Anda memiliki sabun dan sumber air mengalir. Alirkan air terlebih dahulu, lalu letakkan sabun (dapat sabun cair atau sabun batang) pada tangan. Jauhkan tangan dari air selama mencuci tangan. Saat mencuci tangan, lakukanlah hal-hal berikut:

  1. Gosok kedua telapak tangan dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.
  2. Gosok kedua punggung tangan. Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri. Lakukan pada tangan sebaliknya.
  3. Menggosok sela-sela jari dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan kiri.
  4. Gosok bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  5. Bersihkan ibu jari. Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan. Lakukan pada tangan sebaliknya.
  6. Membersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari sehingga saling bertemu. Kemudian gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Lakukan pada tangan sebaliknya.

Setelah selesai, bilas kembali tangan di bawah air mengalir hingga bersih. Lakukan selama 15-30 detik. Kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya atau hand dryer. Anda juga dapat menerapkan langkah yang sama saat menggunakan hand sanitizer.

Dengan melakukan cuci tangan yang benar, Anda akan terhindar dari penularan berbagai macam penyakit akibat kuman. Untuk itu, mulai saat ini terapkanlah kebiasaan mencuci tangan dengan cara yang benar!

[RS/RH]

 

Hari Cuci Tangan Seduniamencuci tanganKebersihan TanganLangkah Cuci Tangan

Konsultasi Dokter Terkait