HomeInfo SehatMataBahaya Tahi Lalat di Mata
Mata

Bahaya Tahi Lalat di Mata

dr. Dyan Mega Inderawati, 09 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahi lalat yang terletak di mata berbeda dengan tahi lalat yang umum ditemui di bagian tubuh lainnya. Tahi lalat ini dapat mencerminkan keganasan yang mengancam nyawa.

Bahaya Tahi Lalat di Mata

Apakah Anda atau orang yang Anda kenal memiliki tahi lalat yang terletak di dalam mata? Tahi lalat ini tidak boleh dianggap remeh. Walaupun sebagian besar tahi lalat di mata umumnya jinak, pada jenis tertentu tahi lalat ini bisa berupa tumor ganas yang mengancam nyawa individu.

Nevus & Tahi Lalat pada Ras Tertentu

Tahi lalat di mata yang sudah ada sejak lahir biasanya terbentuk dari struktur yang sama dengan tahi lalat di bagian tubuh manapun. Ukuran tahi lalat ini relatif tetap dan tidak akan berubah sepanjang hidup seseorang. Dalam istilah medis, tahi lalat ini dinamakan nevus. Data menunjukkan 50% bintik hitam di dalam mata merupakan nevus dan tidak memerlukan penanganan khusus.

Selain nevus, pada ras tertentu dapat terbentuk tahi lalat yang strukturnya berbeda bila dilihat di bawah mikroskop. Pada orang berkulit gelap, tahi lalat yang dimiliki umumnya jinak. Tahi lalat yang jinak ini ditandai dengan tepi yang tegas dan tahi lalat tersebut terdapat pada kedua mata. Pada beberapa kasus, tahi lalat jenis ini dapat berukuran besar dan meluas seiring dengan pertambahan usia. Kendati demikian, tahi lalat ini jarang menjadi ganas.

Tahi lalat serupa, tapi tak sama, bisa juga dialami oleh orang yang lebih tua dan mereka yang termasuk dalam ras kulit putih –biasanya terdapat pada satu sisi mata saja. Selain itu, tahi lalat jenis ini juga tidak memiliki tepi yang berbatas tegas. Bila Anda atau orang yang Anda kenal memiliki tipe tahi lalat ini, waspadalah. Pada 50% kasus, tipe tahi lalat ini bisa berkembang menjadi ganas atau disebut juga melanoma maligna.

Melanoma Maligna

Tahi lalat di mata yang dimiliki golongan usia 60-70 tahun, tepi yang tidak berbatas tegas, apalagi disertai dengan luka, merupakan ciri-ciri tahi lalat di mata yang bersifat ganas. Dalam dunia kedokteran, tahi lalat di mata yang berjenis ini disebut melanoma maligna.

Pada kasus melanoma maligna, terapi yang dilakukan akan lebih agresif dan meliputi tindakan operatif tumor dan jaringan sekitarnya, hingga berbagai terapi tambahan untuk menghambat perkembangan sel-sel keganasan tersebut.

Mengetahui perbedaan ciri tahi lalat di mata menjadi penting sebagai langkah awal dalam menentukan terapi selanjutnya. Bila Anda mencurigai tahi lalat di mata Anda atau orang yang Anda kenal sebagai suatu keganasan, tetapi ragu untuk memutuskan, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter spesialis mata.

Dengan pemeriksaan fisik yang menyeluruh serta alat penunjang yang mutakhir, tahi lalat di mata ini akan dapat ditentukan jinak atau ganasnya. Tidak hanya melindungi fungsi penglihatan, penanganan yang tepat juga akan menyelamatkan seseorang dari ancaman kematian akibat tahi lalat di mata.

(TT/RH)

Baca Juga:

MataTumorTahi Lalat

Konsultasi Dokter Terkait