Sukses

Benarkah Makan Gorengan Bikin Batuk?

Gorengan, ‘sahabat’ di kala senggang. Namun di balik hal tersebut, makanan ini juga kerap dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya batuk. Benarkah demikian?

Pisang, tempe, tahu, ubi sampai dengan cireng adalah beberapa jenis gorengan yang paling digemari. Bagi para penggemarnya, gorengan adalah ‘sahabat terbaik’ di kala senggang. Di balik hal tersebut, gorengan juga kerap dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya batuk. Benarkah?

Batuk

Batuk sebenarnya merupakan upaya pertahanan tubuh terhadap berbagai macam rangsangan yang masuk ke dalam saluran napas. Batuk terjadi karena adanya proses yang merangsang reseptor batuk. Reseptor batuk dapat terangsang dengan:

  • Iritan; rokok, asap, SO2, gas
  • Mekanik; adanya benda asing dalam saluran napas
  • Penyakit paru; bronkitis, asma, pneumonia
  • Infeksi pita suara
  • Tumor paru dan tumor laring
  • Psikogenik

Reseptor batuk terdapat di sepanjang saluran napas. Mulai dari laring, trakea, karina, bronkus dan juga pleura.

Gorengan dan Batuk

Secara umum, gorengan tidak menimbulkan terjadinya batuk. Namun proses penggorengan dengan minyak yang sudah dipakai berulang-ulang menjadikan gorengan sebagai media penyebab terjadinya batuk. Jadi, minyak yang dipakai berulang-ulang inilah penyebab timbulnya batuk.

Struktur minyak yang digunakan berulang-ulang akan berubah. Akibatnya terjadi pembentukan lemak trans yang berbahaya bagi tubuh. Pada akhirnya minyak tersebut akan mengiritasi saluran pernapasan, menyebabkan inflamasi, dan menimbulkan rasa nyeri pada tenggorokan serta batuk kering yang kemungkinan akan berubah menjadi batuk berdahak.

Selain itu, minyak yang dipakai berulang-ulang untuk menggoreng juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Jika hal ini dibiarkan, maka akan meningkatkan risiko penyakit hipertensi dan serangan jantung.

Maka dari itu, cermati gorengan yang akan Anda konsumsi. Perhatikan minyak yang digunakan untuk mengolah gorengan yang hendak Anda beli. Jika minyak yang digunakan berwarna gelap, itu artinya minyak tersebut sudah dipakai berulang-ulang. Cermati juga wadah pembungkus gorengan. Agar lebih aman, buat gorengan Anda sendiri di rumah.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar