Sukses

Lakukan Ini Sebelum ke Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat adalah jaminan bagi sebuah perjalanan wisata yang menyenangkan. Namun, tentunya Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk perjalanan ini, terutama dalam aspek kesehatan.

Tidaklah berlebihan apabila kita menyebut kepulauan Raja Ampat sebagai sebuah mahakarya lukisan Tuhan. Keindahan bentang alamnya sanggup untuk menorehkan pesona di hati banyak wisatawan, dalam maupun luar negeri. Kepulauan yang termasuk ke dalam daerah administrasi provinsi Papua Barat ini telah lama menjelma menjadi salah satu destinasi andalan pariwisata di Indonesia.

Bagi Anda yang sudah merencanakan liburan keluarga ke Raja Ampat, persiapan segala kebutuhan selama liburan adalah sebuah keharusan. Dengan hamparan alam yang terbilang masih perawan, persiapan untuk berwisata di Raja Ampat memunculkan tantangan tersendiri. Selain kamera, peralatan selam, pakaian, dan persediaan makanan; Anda juga perlu mempersiapkan sejumlah perlengkapan kesehatan selama bertualang.

Oleh karena itu, agar liburan dapat berjalan lancar, kami akan membantu Anda mempersiapkannya. Berikut daftar persiapan yang bisa Anda gunakan sebagai panduan:

  1. Obat pencegahan Malaria

Raja Ampat telah lama dikenal sebagai salah satu daerah endemis malaria di Indonesia. Penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina ini, dalam keadaan yang akut, dapat menyebar ke otak dan menyebabkan penurunan kesadaran bagi penderitanya. Kunjungi dokter terkait untuk mendapatkan obat pencegahan malaria yang tepat sebelum berlibur.

  1. Lotion antinyamuk dan kelambu

Penggunaan lotion anti nyamuk juga disarankan untuk mencegah Anda dari ancaman Malaria. Selain itu, bila Anda memilih penginapan dengan konsep alam, pastikan juga penginapan tersebut menyediakan kelambu atau Anda dapat membawanya sendiri dari kota tempat Anda berasal.

  1. Tabir surya

Lindungi kulit dari sengatan matahari dengan penggunaan tabir surya. Untuk berlibur ke Raja Ampat, gunakan tabir surya yang mengandung SPF 50. Oleskan setiap 2 jam, atau dengan frekuensi yang lebih, jika Anda banyak beraktivitas di air. Penggunaannya juga harus cukup tebal untuk mendapatan efek perlindungan yang maksimal. Bila perlu, gunakan ‘tabir surya’ tambahan seperti payung atau topi untuk melindungi bagian sensitif tubuh seperti kulit wajah.

  1. Obat- obatan pribadi dan nomor telepon rumah sakit lokal

Bawa selalu obat-obatan pribadi ke mana saja Anda bepergian. Jangan lupa untuk mencatat nomor telepon penting, seperti rumah sakit atau klinik lokal untuk keadaan darurat.

Liburan menjadi jauh lebih menyenangkan jika Anda sudah menyiapkan segala sesuatunya, termasuk untuk urusan kesehatan. Dengan langkah–langkah persiapan di atas, perjalanan ke Raja Ampat akan jauh lebih menyenangkan. Jadi, sudah siapkah Anda berlibur ke Raja Ampat?

(BO/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar