Sukses

Memilih Lotion SPF yang Sesuai

Lotion SPF merupakan produk perawatan kulit penting bagi Anda yang gemar beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Namun takjarang orang bingung memilih lotion SPF yang sesuai.

Lotion SPF merupakan produk perawatan kulit penting bagi Anda yang gemar beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Namun terkadang, banyak orang bingung memilih lotion SPF yang sesuai untuk digunakan.

Secara logika, jelas sekali bahwa lotion SPF dengan nilai SPF lebih tinggi akan menghasilkan proteksi lebih tinggi pula terhadap sinar ultraviolet. Pasalnya, nilai SPF tinggi memberikan tingkat perlindungan yang lebih baik karena mungkin Anda tidak mengoleskan lotion SPF dengan jumlah yang cukup.

Nilai SPF yang diklaim oleh produsen didapatkan dengan mengoleskan setidaknya 2 mg lotion SPF per cm2 kulit. Sementara kebanyakan orang hanya mengoleskan sekitar 0,5-1 mg per cm2 kulit. Dengan demikian, SPF sesungguhnya yang dipakai hanya sekitar 1/2 dari nilai yang tertera pada label.

Terlepas dari keuntungan menggunakan lotion dengankandungan SPF yang lebih tinggi, ternyata terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian saat menggunakannya. Ini karena nilai SPF yang lebih tinggi dari 50 tidak dapat memberikan peningkatan proteksi yang signifikan dibandingkan dengan SPF 24. Artinya, lotion SPF dengan SPF 24yang digunakan dengan jumlah yang cukup akan mampu menahan 96% radiasi UVB. Sementaraproduk dengan SPF 50 hanya menahan sekitar 98% radiasi UVB. Tak hanya itu, nilai SPF yang tinggi juga membuat seseorang cenderung tidak memperhatikan perilaku penghindaran sinar ultraviolet karena terlalu percaya diri dengan lotion SPF yang digunakan.

Harus Pilih Mana?

Bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan dan tidak sering berada di dekat jendela, lotion SPF dengan SPF 24dapat mencukupi. Asalkan dipakai dengan jumlah yang sesuai. Sementara bagi Anda yang banyak beraktivitas di bawah sinar matahari, gunakan SPF 24. Jadi, sesuaikan saja pilihan lotion SPF yang digunakan dengan keseharian Anda!

Secara keseluruhan, berapapun nilai lotion SPF yang dipilih, akan lebih baik lagi jika diikuti dengan penggunaan losion dalam jumlah yang cukup –setidaknya 30ml atau setara 2 sendok makan– untuk seluruh permukaan tubuh. Yang tidak kalah pentingnya, Anda harus tetap menghindari sinar matahari secara langsung. Bila perlu,tambahkan perlindungan lain bagi tubuh Anda, misalnya dengan menggunakan payung, topi lebar, dan sebagainya.

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar