Sukses

Ternyata, Ini Penyebab Pikun di Usia Muda

Berbagai penelitian medis membuktikan bahwa orang usia produktif juga rentan mengalami pikun. Pemahaman yang baik akan berbagai penyebabnya sangat diperlukan untuk mencegah hal ini.

Penurunan daya ingat atau pikun bukan hanya masalah orang berusia lanjut, melainkan juga orang muda yang masih produktif. Bila kerap lupa nama kerabat yang secara tidak sengaja Anda jumpai, percayalah, Anda tidak sendirian. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Gallup and the University of California, Los Angeles, gaya hidup tertentu dapat membuat seseorang menjadi pikun, tanpa memandang usia.

Pikun umumnya disebabkan oleh gaya hidup sebagai berikut:

  • Depresi
  • Pendidikan rendah
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Tekanan darah tinggi
  • Obesitas
  • Merokok

Depresi dan stres adalah penyebab umum pikun di usia muda. Ketika seseorang berada dalam fase depresi, nafsu makannya akan menurun drastis. Penurunan asupan makan ini akan berdampak pada penurunan energi yang dimiliki tubuh. Padahal, untuk membentuk suatu memori diperlukan jumlah energi yang cukup besar.

Selain itu, saat stres, pikiran juga cenderung dipenuhi oleh kecemasan dan emosi sehingga tidak ada lagi ruang untuk membentuk dan menyimpan memori. Inilah yang menyebabkan sebagian orang berusia muda cenderung mudah pikun.

Di samping kondisi kejiwaan, kurangnya aktivitas fisik ternyata juga berpengaruh pada daya ingat. Seseorang yang berusia muda dan tidak aktif secara fisik akan cenderung mudah pikun. Kurangnya aktivitas fisik juga cenderung membuat seseorang memiliki tekanan darah yang lebih tinggi. Tekanan darah tinggi ini berbahaya bagi kesehatan otak dan mengancam fungsi otak, termasuk untuk pembentukan daya ingat.

Oleh karena itu, bila tidak ingin mudah pikun di usia muda, sedapat mungkin hindarilah stres. Lakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menenangkan untuk memalingkan pikiran dari stres. Selain itu, rajinlah berolahraga agar tubuh sehat, pikiran juga kuat!

(TT/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar