Sukses

Pekerjaan yang Rawan Terkena Eksim

Anda sering mengalami gangguan kulit bernama eksim, meski tak memiliki riwayat alergi? Hati-hati, bisa jadi pekerjaan Anda yang menyebabkan terjadinya eksim

Eksim atau sering disebut sebagai dermatitis adalah suatu kelainan kulit. Gejala yang ditimbulkan oleh eksim dapat beragam, mulai dari kulit kemerahan, gatal, kering, hingga perih, menebal, dan pecah-pecah.Umumnya eksim disebabkan oleh alergi, dan paling sering dialami oleh orang yang memiliki bakat alergi. Namun demikian, eksim juga dapat disebabkan oleh pekerjaan.

Pekerjaan tertentu dalam kesehariannya sering berkontak dengan bahan atau zat yang bersifat iritan. Paparan terus-menerus dengan bahan tersebut pada akhirnya dapat menyebabkan eksim, yang disebut dengan dermatitis kontak.

Patut Curiga Jika…

Anda patut curiga jika Anda dan keluarga tidak memiliki riwayat alergi sebelumnya.  Eksim yang timbul pun terutama hanya terletak pada bagian-bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian (seperti tangan, lengan, kaki), sementara bagian tubuh yang tertutup pakaian tidak terkena.

Gejala lain yang dapat menjadi pertanda adalah jika eksim tersebut membaik ketika Anda sedang cuti, dan kembali lagi ketika Anda mulai bekerja. Selain Anda, ada rekan-rekan kerja lain yang turut mengalami eksim yang sama dengan Anda.

Mereka yang Rentan

Terdapat beberapa pekerjaan yang rentan terkena eksim kontak, terutama mereka yang sering bersentuhan dengan bahan-bahan kimia di lingkungan kerjanya.

Pekerja pabrik semen, bahan kimia, tekstil, cat, logam, mobil, dan lainnya yang setiap hari kerap berhubungan dengan bahan kimia merupakan mereka yang paling rentan terkena eksim kontak dengan derajat berat.

Sementara itu, pekerjaan yang mengharuskan untuk kerap berkontak dengan sabun, detergen, atau bahan pembersih (seperti pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, suster, dokter, pekerja laundry, dan cleaning service) juga rentan mengalami eksim. Meskipun tidak sekeras bahan kimia pabrik, paparan yang sering dan terus-menerus dengan bahan pembersih juga dapat menyebabkan eksim kontak.

Pekerja salon yang kerap melayani jasa pengecatan, pelurusan, dan pengeritingan rambut juga rentan terkena iritasi akibat sering bersentuhan dengan bahan-bahan kimia yang digunakan dalam berbagai proses tersebut.

Bagaimana Mengatasinya?

Jika memungkinkan, gantilah bahan iritan yang menyebabkan eksim tersebut. Misalnya, mengganti detergen atau sabun lain yang lebih lembut.

Gunakan juga pelindung seperti sarung tangan sebelum bersentuhan dengan bahan-bahan iritan tersebut. Pekerja yang rentan mengalami eksim kontak juga harus mengoleskan krim pelembap setiap selesai mencuci tangan. Tujuannya adalah untuk melembapkan dan melindungi kulit, agar risiko terkena eksim kontak lebih rendah.

Apabila Anda mengalami eksim kontak akibat pekerjaan, jangan tunda lagi. Eksim yang tidak segera diobati dapat bertambah parah, bahkan terinfeksi. Oleh karena itu, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar