Sukses

Jenis Olahraga yang Bisa Menyebabkan Gigi Rusak

Olahraga tertentu memang bisa menyebabkan gigi rusak. Pertanyaannya: Jenis olahraga apa yang berdampak demikian?

Olahraga tertentu memang bisa menyebabkan gigi rusak. Pertanyaannya: Jenis olahraga apa yang berdampak demikian? Hasil penelitian selama 9 tahun di Universitas California Selatan, menyatakan bahwa basket adalah jenis olahraga yang paling sering menyebabkan cedera pada gigi. Meski tak melibatkan kontak fisik secara langsung, kerusakan terjadi karena para pemain tidak menggunakan alat pelindung (mouthguard). Para atlet basket tidak menyukai penggunaan mouthguard dengan alasan kenyamanan dan menyulitkan untuk berbicara dan bernapas.

Setelah basket, jenis olahraga yang berisiko menyebabkan gigi rusak adalah rugby/American Football. Olahraga ini sangat berpotensi menyebabkan cedera pada kepala –termasuk gigi– walaupun sudah memakai helm sebagai alat pelindung. Kejadian cedera akibat benturan helmet to helmet yang menyebabkan gigi rusak sering terjadi, khususnya pada saat latihan. Selain jenis olahraga tersebut, olahraga tinju, kickboxing, muay thai, judo, brazilian jujitsu, dan Mixed Martial Art juga dapat meningkatkan risiko gigi rusak. Ini karena olahraga-olahraga tersebut meliputi gerakan memukul dan menendang.

Sebenarnya, selain olahraga ada pula kegiatan pelengkap saat olahraga yang juga menyebabkan gigi rusak. Minuman berenergi. Jenis minuman ini dapat menyebabkan gigi rusak karena memiliki kandungan gula yang dapat berubah menjadi zat asam –penyebab enamel gigi melunak. Selain minuman berenergi, snack bar berenergi juga bisa membuat gigi rusak karena sifatnya yang manis dan lengket. Belum lagi, saat latihan atau berolahraga, keadaan mulut cenderung mengalami dehidrasi/kering, akibat produksi air ludah berkurang yang menyebabkan tidak adanya daya self cleansing pada gigi sehingga kandungan gula yang menempel di gigi –akibat minuman atau snack bar berenergi– membuat enamel lunak dan mudah lepas.

Melengkapi aktivitas olahraga Anda dengan minuman atau snack berenergi akan meningkatkan risiko gigi rusak berkali-kali lipat. Untuk itu, ganti pelengkap ‘berenergi’ Anda saat berolahraga dengan air putih agar terhindar dari gigi rusak, dan tubuh pun senantiasa sehat.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar