Sukses

Jenis Olahraga yang Bisa Menyebabkan Gigi Rusak

Olahraga tertentu ternyata bisa membuat gigi Anda rusak. Berikut adalah jenis olahraga penyebab gigi rusak.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga secara rutin. Walau menyehatkan, tanpa disadari olahraga juga dapat membuat gigi Anda rusak. Mengapa olahraga dapat menjadi penyebab gigi rusak?

Hal ini dikarenakan olahraga memiliki risiko cedera seperti kegiatan lainnya. Cedera ini juga meliputi cedera pada gigi dan mulut. Anda bisa mengalami luka pada bibir hingga gigi yang patah bahkan lepas.

Lalu, apa saja olahraga yang bisa merusak gigi? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1 dari 3 halaman

Olahraga yang Bisa Merusak Gigi

Trauma atau cedera pada saat olahraga dapat disebabkan oleh jatuh, tabrakan, atau berkontak dengan peralatan yang digunakan. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa menjadi penyebab gigi rusak:

1. Olahraga yang Menggunakan Tongkat atau Pemukul

Olahraga yang melibatkan kombinasi antara bola dan tongkat pemukul seperti hoki, atau yang berhubungan dengan bola cepat seperti baseball, merupakan salah satu olahraga yang bisa menjadi penyebab gigi rusak.

Hal ini dikarenakan terdapat risiko yang tinggi pada wajah untuk terpukul dengan tongkat pemukul ataupun bola yang sedang bergerak dengan kecepatan tinggi. Karena itulah, sangat penting untuk menggunakan pelindung mulut saat melakukan olahraga tersebut.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Efeknya Buruk bagi Gigi

2. Olahraga Ekstrem

Jenis olahraga ekstrem seperti skateboard, snowboarding, atau inline skating juga dapat menjadi penyebab gigi rusak.

Hal ini dikarenakan mereka berisiko jatuh dan mendarat di aspal atau lintasan, yang dapat menyebabkan cedera pada gigi baik patah ataupun lepas.

3. Olahraga Bela Diri

Bela diri seperti tinju, karate, dan gulat juga bisa menjadi olahraga penyebab gigi rusak. Terutama jika wajah terpukul atau terkena tendangan secara langsung.

Pada tingkat profesional, olahraga ini mengharuskan setiap orang yang berlatih untuk menggunakan pelindung mulut. Ini penting untuk mengurangi jumlah cedera yang mungkin saja terjadi.

4. Bola Basket

Basket menempati urutan pertama olahraga yang berbahaya bagi gigi. Umumnya para pemain tidak memakai alat pelindung mulut atau pelindung olahraga.

Padahal, bermain basket sering melibatkan kontak fisik yang bisa menimbulkan cedera pada gigi. Misalnya, saat terkena siku dari pemain lawan ketika ingin merebut bola ataupun terjatuh saat memasukkan bola.

Artikel Lainnya: 6 Bagian Tubuh yang Rentan Cedera akibat Olahraga

2 dari 3 halaman

Kegiatan Pelengkap Olahraga yang Bisa Merusak Gigi

Setelah berolahraga, orang biasanya mengonsumsi minuman berenergi. Anda harus waspada, karena jenis minuman ini dapat menyebabkan gigi rusak karena memiliki kandungan gula yang dapat berubah menjadi zat asam. Nah, zat inilah yang membuat enamel gigi melunak.

Tak hanya itu, mengonsumsi snack bar berenergi juga bisa membuat gigi rusak karena rasa manis dan sifatnya yang lengket.

Di samping itu, saat latihan atau berolahraga, keadaan mulut akan cenderung kering yang mengakibatkan tidak adanya self cleansing karena produksi air liur yang berkurang sehingga kandungan gula akan terus menempel di permukaan gigi.

Oleh karena itu, agar terhindar dari berbagai kerusakan gigi, jangan lupa gunakan selalu alat pelindung mulut saat berolahraga. Setelah berolahraga, sebaiknya Anda juga mengonsumsi air putih ketimbang minuman bergula agar gigi selalu sehat.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar