Sukses

Kenapa Asma Bisa Berujung Kematian?

Jangan sepelekan penyakit asma! Jika tidak ditangani dengan baik, asma bisa berakibat fatal –bahkan berujung kematian.

Baru-baru ini terdengar berita duka dari dunia hiburan. Susi ‘Similikiti’, istri komedian Tukul Arwana, meninggal dunia pada hari Selasa, 23 Agustus 2016. Dugaan saat ini, ia meninggal dunia akibat serangan asma. Anda mungkin sudah sering mendengar tentang penyakit asma. Tapi sayangnya, masih banyak yang belum memahami bahaya penyakit asma jika tidak segera diatasi.

Kematian karena asma di Indonesia seringkali akibat dari minimnya pengetahuan mengenai pencegahan dan penanganan penyakit ini. Saat terjadi serangan asma ringan, pasien biasanya memang masih terlihat normal saja atau belum terlihat efek kedaruratannya. Tapi jika terlalu lama dibiarkan tanpa pengobatan, asma dapat berakibat fatal bagi penderitanya.

Asma adalah peradangan kronis yang umumnya terjadi pada saluran napas, yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan terjadi berulang-ulang. Seringkali asma disertai penyumbatan saluran napas yang bersifat sementara dan kekakuan otot pada saluran pernapasan bagian atas. Penyumbatan saluran napas inilah yang sering menjadi penyebab dari kematian penderita asma.

Saat terjadi penyumbatan maka otomatis penderita asma akan mengalami kesulitan bernapas. Hal tersebut mengakibatkan penderita asma gagal mendapatkan oksigen. Akibatnya terjadi kematian sel seluruh tubuh –terutama otak, jantung, paru serta organ vital lainnya. Kadang penderita asma baru mengeluh jika sudah di tahap ini.

Karena itu, penting bagi Anda yang sudah didiagnosis asma untuk segera memeriksakan diri saat serangan datang. Jangan lupa, hindari pencetus serta persiapkan obat yang sesuai dengan anjuran dokter. Hal tersebut akan menjauhkan diri Anda dari ancaman asma yang mematikan.

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar