Sukses

Dampak Kekurangan Vitamin A pada Anak

Vitamin A merupakan nutrisi penting bagi anak. Apa dampaknya jika anak kekurangan vitamin A? Yuk, ketahui bahaya kesehatannya di sini.

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut di dalam lemak. Vitamin A punya peran penting bagi tubuh, seperti menjaga fungsi penglihatan, daya tahan tubuh, kesehatan kulit, dan mencegah masalah kesehatan organ reproduksi. 

Apabila tubuh kekurangan vitamin A, berbagai masalah kesehatan seperti gangguan mata dapat muncul. Kekurangan vitamin A bisa dialami oleh siapa saja, namun lebih rentan terjadi pada usia anak.

Maka, untuk mencegah anak kekurangan vitamin A, pemerintah memberikan suplemen vitamin A setiap 6 bulan sekali secara gratis di setiap fasilitas kesehatan. Februari dan Agustus adalah bulan yang dicanangkan pemerintah sebagai waktu pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi untuk anak berusia 6-59 bulan. 

Pemerintah secara aktif menggagas dan menjalankan program yang sudah dimulai sejak tahun 1970 ini guna mencegah dampak fatal kekurangan vitamin A pada anak.

1 dari 2 halaman

Bahaya Anak Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin pada dasarnya bisa dicegah, salah satu caranya dengan memerhatikan kecukupan nutrisi dan kesehatan si kecil sejak dini. Berikut beberapa bahaya yang dapat terjadi apabila anak kekurangan vitamin A:

1. Gangguan Penglihatan

Kekurangan vitamin A adalah penyebab utama dari kejadian penyakit gangguan penglihatan berat yang sebenarnya bisa dicegah (preventable severe visual impairment). Pada awal tahun 1990, World Health Organization (WHO) memperkirakan sekitar tiga juta anak-anak di seluruh dunia mengalami Xeroftalmia setiap tahunnya.

Xeroftalmia adalah suatu bentuk gangguan penglihatan akibat kekurangan vitamin A. Gejalanya bisa berupa muncul bercak putih di mata (bercak Bitot), terjadinya rabun senja (sulit melihat di waktu senja), mata tampak keruh, serta mata kering. 

Artikel Lainnya: 8 Gejala Jika Tubuh Anda Kekurangan Vitamin

2. Meningkatkan Risiko Kematian Akibat Infeksi Berat

Kekurangan vitamin A bisa mengakibatkan anak mengalami infeksi berat hingga kematian, khususnya akibat infeksi campak dan diare. Infeksi berat seperti campak dan diare mudah menyerang balita karena sistem pertahanan tubuhnya masih belum sempurna.

Oleh sebab itu, jangan biarkan anak mengalami kekurangan vitamin A. Anak harus mendapatkan vitamin A cukup agar kekebalan tubuhnya tetap kuat dan terhindar dari infeksi. 

3. Gangguan  Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Kekurangan vitamin A yang dialami anak perempuan dapat meningkatkan risiko terserang anemia akibat kekurangan zat besi. Akibatnya, anak akan mengalami gangguan pertumbuhan.

Apabila kekurangan vitamin A dialami oleh wanita dewasa, dikhawatirkan dapat mengakibatkan gangguan proses kehamilan serta laktasi (menyusui). Dampak lain dari kekurangan vitamin A juga bisa berupa gangguan pertumbuhan tulang serta kelainan pertumbuhan sel dan jaringan tubuh. 

Secara keseluruhan, kekurangan vitamin A berakibat kepada terjadinya gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Artikel Lainnya: 8 Gejala Anda Kekurangan Vitamin K, Apa Saja?

4. Kulit Kering

Vitamin A merupakan salah satu komponen penting untuk membuat dan memperbaiki jaringan kulit. Vitamin ini juga membantu mengurangi peradangan apabila terjadi perlukaan atau infeksi. 

Anak yang mengalami kekurangan vitamin A dalam jangka waktu lama dapat mengalami kondisi kulit kering dan memperburuk kondisi eksimnya. 

5. Penyebab Jerawat dan Breakout di Kemudian Hari

Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan terjadinya jerawat dan breakout di wajah saat anak dewasa nanti. Berbagai penelitian menunjukkan, kadar vitamin A yang rendah di dalam tubuh berhubungan dengan munculnya jerawat. 

6. Masalah Kesuburan

Setiap anak perempuan dan laki-laki membutuhkan vitamin A. Apabila kekurangan vitamin A pada anak berkelanjutan hingga dewasa, maka kesehatan kesuburannya bisa terdampak. Rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran dan cacat bawaan. 

Itu dia beberapa akibat yang dapat terjadi jika anak kekurangan vitamin A. Segera dapatkan kapsul vitamin A untuk anak di fasilitas kesehatan terdekat! Jangan lupa untuk memberikan makanan mengandung vitamin A agar kesehatan tubuh anak tetap terjaga. 

Anda bisa memberikan makanan mengandung vitamin A dari sayuran, buah-buahan, telur, ikan, dan produk susu. Apabila memiliki pertanyaan seputar vitamin A bagi anak-anak, konsultasikan langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat dari aplikasi KlikDokter

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar