Sukses

7 Cara Efektif Atasi Pembengkakan Payudara

Salah satu masalah yang kerap terjadi selama masa menyusui adalah pembengkakan payudara. Anda tidak perlu khawatir. Lakukan 7 cara efektif atasi pembengkakan payudara dari dr. Reza Fahlevi berikut ini.

Beberapa masalah kerap terjadi selama masa menyusui. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah pembengkakan payudara.

Pembengkakan payudara disebabkan oleh peningkatan produksi ASI. Biasanya terjadi selama tiga sampai lima hari setelah bayi lahir, namun dapat juga terjadi kapan saja.

Jika tidak ditangani dengan baik, pembengkakan payudara dapat menyebabkan sumbatan aliran susu atau infeksi payudara. Oleh karena itu, pencegahan dan penanganan dini pembengkakan payudara sangat perlu dilakukan.

Pembengkakan Payudara

Dalam masa menyusui, payudara secara normal akan menjadi lebih besar, lebih berat, dan terasa sedikit nyeri ketika payudara mulai menghasilkan susu yang lebih banyak. Namun terkadang dapat terjadi pembengkakan yang tidak wajar, sehingga menyebabkan payudara terasa keras dan nyeri berlebihan.

Anda dapat memperhatikan tanda-tanda, seperti payudara membengkak, kemerahan, terasa hangat, terasa nyeri dan berdenyut, serta puting terlihat mendatar. Terkadang pembengkakan payudara dapat menyebabkan demam, sehingga gejalanya mirip dengan infeksi.

Untuk mencegah pembengkakan payudara, menyusuilah dengan sering setelah bayi lahir. Biarkan bayi menyusu sesuai keinginannya, asalkan perlekatan payudara ibu dengan mulut bayi baik sehingga dapat mengisap dengan efektif.

Dalam beberapa minggu setelah kelahiran, Anda perlu membangunkan bayi untuk menyusui jika ia tertidur lebih dari 4 jam setelah menyusui terakhir. Jika kembali bekerja, cobalah untuk memompa ASI dengan jadwal sama seperti jadwal menyusui bayi Anda atau paling sedikit setiap 4 jam untuk mencegah pembengkakan payudara.

Jika payudara mengalami pembengkakan, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut:

  1. Menyusuilah dengan sisi payudara yang mengalami pembengkakan lebih sering agar aliran susu tetap lancar dan rasa penuh pada payudara tersebut berkurang.
  2. Keluarkan ASI dengan pijatan atau pompa untuk melunakkan payudara, aerola, dan puting sebelum memulai menyusui.
  3. Pijat payudara dengan lembut.
  4. Gunakan kompres hangat di antara waktu menyusui untuk meringankan rasa nyeri.
  5. Beristirahatlah dengan cukup, konsumsi makanan yang bernutrisi, serta minum yang cukup.
  6. Gunakan pakaian dan bra yang nyaman serta tidak terlalu ketat.
  7. Berkonsultasilah dengan dokter atau konsultan ASI jika perlekatan mulut bayi dan payudara ibu belum baik dan benar, atau jika pembengkakan payudara terjadi lebih dari dua hari.

Jika masalah pembengkakan payudara sudah diatasi, proses menyusui pastinya akan terasa lebih nyaman bagi Anda dan bayi. (NB)

0 Komentar

Belum ada komentar