Sukses

Berenang Dapat Tingkatkan Kecerdasan Anak, Ini Faktanya

Di samping membuat tubuh bugar, berenang juga dapat meningkatkan kecerdasan anak, apalagi jika dilakukan sedari dini.

Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat baik bagi tubuh. Olahraga ini melatih berbagai bagian tubuh dan baik untuk jantung. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa berenang juga berdampak baik bagi otak, terutama otak anak.

Manfaat berenang bagi kecerdasan anak utamanya didapatkan bila anak belajar berenang sejak dini. Berenang berpengaruh terhadap aktivitas kimia otak dan membantu perkembangan, baik secara kognitif maupun emosional.

1 dari 3 halaman

Bagaimana Berenang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak?

Tak hanya untuk ketahanan fisik, berenang juga dikatakan berguna terhadap kecerdasan otak anak. Bagaimana bisa?

Hubungan antara manfaat berenang dengan kecerdasan anak telah dibuktikan oleh para peneliti di Universitas Griffith, Queensland. Mereka melakukan penelitian pada hampir 7.000 anak-anak di bawah usia 5 tahun yang sedang belajar berenang.

Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa belajar berenang di usia dini dapat meningkatkan kecerdasan anak. Dalam hal ini, anak-anak dapat menjadi lebih fokus terhadap detail.

Artikel Lainnya: 9 Jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya

Selain itu, penelitian tersebut juga menyatakan bahwa ketika berenang, seseorang akan melakukan respons menyelam laut atau respons menyelam mamalia. Tubuh akan merespons dan mengompensasi dengan menyimpan oksigen di tempat yang berbeda dari biasanya. Lalu apa efeknya?

Ketika oksigen disimpan dalam tubuh selama respons menyelam ini, terjadi perubahan fisiologi tubuh sehingga volume darah meningkat. Dengan demikian, aliran darah ke otak juga bertambah. Faktor ini memberikan pengaruh berupa nilai inteligensi yang lebih tinggi dan konsentrasi yang lebih baik.

Jadi, peningkatan darah ke otak inilah yang pada akhirnya menjadi dasar manfaat berenang untuk kecerdasan otak anak.

2 dari 3 halaman

Manfaat Berenang untuk Kesehatan Otak

Selain untuk meningkatkan kecerdasan anak, masih banyak lagi manfaat berenang untuk otak. Manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Daya Ingat

Hipokampus merupakan bagian otak yang berfungsi untuk daya ingat. Seiring dengan bertambahnya usia, sel pada hipokampus dapat rusak.

Artikel Lainnya: Makanan untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

Berenang dapat memperbaiki sel-sel otak yang rusak, salah satunya di bagian hipokampus. Sel-sel otak yang rusak, atau ketika sel-sel otak rusak akibat stres, dapat diganti dengan berenang.

Perlu Anda ketahui, ketika anak berenang, oksigen yang diperlukan akan lebih besar. Kebutuhan ini akan membuat hipokampus di otak menjadi lebih besar, aliran oksigen pun akan lebih besar.

  • Memperbaiki Mood

Salah satu manfaat berenang yang penting untuk diketahui adalah memperbaiki suasana hati. Sebab saat berenang, tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin. Hormon ini bertugas memberikan rasa rileks.

Selain itu, gerakan berenang seperti menarik napas dan menendang merupakan gerakan meditatif sehingga dapat memberikan efek menenangkan setelahnya.

  • Perkembangan Fungsi Kognitif Lebih Baik

Terkait dengan kecerdasan anak, pada kenyataannya berenang dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Manfaat ini diperoleh dari adanya peningkatan aliran darah ke otak saat berenang sehingga membantu meningkatkan memori dan daya fokus.

Peningkatan aliran darah ke otak ini lebih besar saat berenang dibandingkan dengan olahraga di daratan. Hal ini berkontribusi secara signifikan terhadap kemampuan kognitif seseorang.

  • Kemampuan Belajar yang Lebih Optimal

Ketika berenang, hampir seluruh bagian tubuh akan  ikut bergerak secara terkoordinasi. Gerakan ini membantu mengaktivasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Efeknya adalah peningkatan komunikasi antara kedua otak sehingga anak akan lebih mudah belajar hal baru.

Nah, kini Anda mengetahui manfaat berenang untuk kecerdasan otak anak. Jadi, bagi Anda para orang tua, segera dampingi anak Anda untuk berenang sejak dini. Sebab, banyak sekali manfaatnya bagi perkembangan, peningkatan inteligensi serta emosional anak.

Apabila memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar