Sukses

Cara Mudah Hindari Makan Berlebih Saat Lebaran

Hidangan Lebaran memang sangat dinanti-nanti, apalagi ketupat dan opor ayam. Tapi hati-hati, jangan sampai timbangan Anda meningkat gara-gara makan berlebihan!

Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, tentunya hidangan yang disajikan di hari Lebaran sangatlah dinanti. Hidangan tersebut umumnya sangat menggiurkan hati dan perut. Namun, hal ini tidak boleh menjadi alasan untuk makan sebanyak-banyaknya di hari raya.

Mari kita pahami dulu bagaimana metabolisme tubuh pada saat puasa. Metabolisme merupakan seluruh proses kimia dalam tubuh yang menjaga kita tetap hidup. Metabolisme mengubah kalori dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi untuk menjalankan proses kimia tersebut. Pada saat berpuasa, kalori yang dikonsumsi berkurang sehingga metabolisme tubuh juga melambat. Apabila kemudian asupan makanan berlebih saat Lebaran, kalori yang tidak terpakai akan diubah menjadi lemak tubuh. Akibatnya, berat badan akan meningkat.

Ikuti kiat berikut ini supaya kita bisa menyantap makanan yang lezat dan tubuh tetap sehat:

  • Minum air putih terlebih dulu. Minum air putih 2-3 gelas sebelum makan akan membuat Anda merasa kenyang sehingga porsi makanan yang masuk menjadi lebih sedikit.
  • Makan perlahan-lahan. Dokter Mark Gold, seorang peneliti dari University of Florida at Gainesville menemukan bahwa untuk mencapai otak, sinyal kenyang (food satisfaction) membutuhkan waktu >12 menit pada orang yang kurus dan >20 menit pada orang yang kegemukan. Makan dengan perlahan memastikan bahwa sinyal ini benar-benar mencapai otak sehingga kita merasa kenyang.
  • Perhatikan yang Anda makan dan usahakan duduk saat makan. Usahakan Anda tidak banyak terdistraksi atau terburu-buru saat makan supaya lebih mudah mendapatkan kepuasan dan rasa cukup terhadap makanan yang dikonsumsi.
  • Nikmati beberapa gigitan/ suapan pertama. Setelah beberapa suap/ gigitan, indra pengecap akan mulai berkurang sensitifitasnya terhadap zat-zat kimia di dalam makanan yang membuatnya terasa enak. Memuaskan lidah dengan menikmati beberapa gigitan/ suapan awal akan membuat Anda berhenti makan ketika Anda sudah merasa nyaman.
  • Gunakan piring yang lebih kecil. Piring yang kecil akan membuat Anda lebih memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi dan membantu Anda berhenti makan ketika Anda sudah merasa nyaman. Selain itu, porsi yang diambil juga akan menjadi lebih kecil.
  • Pilih makanan yang memberikan rasa kenyang dalam waktu lama. Hindari makanan berkalori tinggi dengan volume yang kecil, seperti kue-kue serta olahan yang mengandung susu, keju dan cokelat. Makanan yang tinggi serat, protein dan/atau kandungan air akan membuat Anda kenyang dalam waktu lama dan tanpa kalori yang berlebihan.
  • Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.
    • Untuk makanan yang berkuah seperti ketupat dengan opor, gulai atau rendang, makanlah daging dan ampasnya saja serta sebisa mungkin santap daging tanpa kulit atau lemaknya.
    • Pilih makanan yang tidak digoreng melainkan dikukus, direbus, atau dipepes.
    • Tambahkan menu yang mengandung sayur-sayuran.
    • Pilihlah buah potong daripada es buah yang mengandung banyak gula. 

0 Komentar

Belum ada komentar