Sukses

Panjang Umur dengan Tubuh Rendah Lemak

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang dengan tubuh yang tinggi lemak memiliki risiko yang lebih besar untuk meninggal secara prematur.

Mempertahankan tubuh tetap dalam keadaan kurus dan rendah lemak (lean body) ternyata bermanfaat dalam menurunkan angka kematian. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang kurus dengan kadar lemak yang rendah memiliki risiko yang lebih rendah untuk meninggal, yaitu sejumlah 12 persen untuk wanita dan 20 persen untuk pria. Sedangkan orang dengan berat badan berlebih memiliki risiko lebih tinggi, yaitu sebesar 20 persen untuk wanita dan 24 persen untuk pria.

Lemak diperlukan tubuh untuk menjaga berbagai fungsi tubuh, misalnya menjaga stabilitas membran sel. Namun, kadar lemak yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada tubuh Anda.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang dengan tubuh yang tinggi lemak memiliki risiko yang lebih tinggi untuk meninggal secara prematur. Pengaturan berat badan harus dimulai sejak dini dan dipertahankan sampai usia tua. Semakin tua, maka semakin sulit untuk mempertahankan berat badan ideal. Karena itu, pengaturan berat badan perlu dilakukan sejak usia dini, bahkan anak-anak.

Mencegah obesitas turut mencegah diabetes dan penyakit jantung

Pencegahan obesitas juga dapat menurunkan angka diabetes dan penyakit jantung. Obesitas dan lemak perut berhubungan dengan berbagai penyakit metabolik seperti diabetes. Karena itu, penurunan jumlah lemak tubuh dan kegemukan dapat membantu menurunkan diabetes.

Kegemukan dan diabetes juga merupakan dua faktor terjadinya penyakit jantung. Gangguan pembuluh darah jantung merupakan salah satu komplikasi yang sering terjadi pada pasien dengan diabetes yang tidak terkontrol dengan baik. Karena itu, jika Anda ingin menurunkan risiko penyakit jantung, jagalah berat badan Anda agar berada dalam rentang berat badan ideal.

Menjaga tubuh rendah lemak

Berat badan Anda dapat saja termasuk ke dalam kategori ideal, namun kandungan lemak tubuh Anda tinggi. Jadi tubuh bukan hanya sekedar kurus, namun perlu berada dalam kondisi yang rendah lemak.

Salah satu kunci dalam menjaga tubuh dengan komposisi lemak yang tepat adalah dengan terus berada dalam keadaan aktif. Peningkatan aktivitas fisik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tubuh yang sehat. Cobalah berolahraga seperti berlari, jogging, atau berenang, dan lakukan dengan rutin.

0 Komentar

Belum ada komentar