Sukses

Ini Dampak Menonton Film Horor Bagi Kesehatan Anda

Siapa sangka, menonton film horor ternyata memiliki dampak tersendiri bagi kesehatan. Apa saja dampak menonton film horor bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Menonton film menjadi salah satu hal yang digemari oleh masyarakat kita saat ini. Salah satu jenis film yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama oleh kalangan muda, adalah film horor.

Meskipun tidak semua orang tertarik dengan film horror, namun bagi sebagian orang, film horor ini dianggap seru karena dapat memicu adrenalin.

Sementara itu, mereka yang tidak menyukai film horor menganggap film jenis ini justru tidak menyenangkan karena memicu rasa takut saat menontonnya. Bahkan terkadang, efek rasa takut akibat menonton film horror ini masih terasa walaupun film telah usai.

Dampak Menonton Film Horor

Film horor biasanya identik dengan adegan-adegan dan efek suara yang mengejutkan dan menakutkan. Adegan, serta efek suara yang mengejutkan dan menakutkan tersebut diterima oleh panca indra (mata dan telinga) sebagai suatu rangsangan. Kemudian dalam waktu yang sangat singkat, rangsangan tersebut di proses di otak dan otak akan memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan hormon adrenalin.

Hormon adrenalin ini memiliki berbagai efek bagi tubuh. Beberapa efek di antaranya adalah peningkatan denyut jantung, peningkatan frekuensi napas, keringat dingin, peningkatan tekanan darah, pupil mata membesar, kelopak mata terbuka, merinding, peningkatan metabolisme tubuh, dan peningkatan rasa cemas.

Di satu sisi, efek ini memberikan manfaat terhadap tubuh. Namun demikian, jika efek ini terjadi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama justru dapat menimbulkan dampak negatif.

Dampak Positif Menonton Film Horor

Menonton film horor ternyata dapat berdampak positif bagi kesehatan. Salah satu dampak positif menonton film horor adalah menghabiskan kalori di tubuh sekitar 100-200 kalori. Hal ini terjadi karena pengeluaran hormon adrenalin yang meningkat di dalam tubuh dapat memicu jantung untuk berdetak lebih kencang dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar kalori. Selain itu, bagi Anda yang menyenangi film horor, pastinya menonton film horor dapat membantu Anda melupakan sejenak masalah harian Anda.

Dampak Negatif Menonton Film Horor

Dampak negatif dari film horor adalah memicu rasa cemas dan ketakutan, sehingga tidak baik jika ditonton oleh anak-anak atau orang dewasa yang cenderung sangat penakut. Film horor juga tidak baik jika ditonton oleh orang yang memiliki gangguan psikologis tertentu, seperti gangguan cemas dan depresi, karena film horor justru akan menambah rasa cemas dan ketakutan pada mereka.

Bagi orang dewasa yang memiliki riwayat penyakit jantung, menonton film horor terlalu sering juga tidak baik karena dapat memicu peningkatan denyut jantung secara mendadak. Peningkatan denyut jantung akan membuat jantung membutuhkan oksigen yang lebih besar untuk berdenyut. Jika suplai darah terhadap jantung tidak baik, misalnya karena ada penyumbatan pembuluh darah jantung, maka jantung akan kekurangan oksigen dan dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Jadi, bagi Anda yang suka dan ingin menonton film horor, pastikan Anda tidak memiliki kelainan jantung, gangguan cemas dan depresi, serta tidak membawa anak-anak untuk ikut serta menonton film horor bersama Anda. Dengan demikian, Anda dapat menonton film horor dengan nyaman.


Baca juga:

1. Menonton Film Komedi Memicu Nafsu Makan

2. Menonton Video Porno Berpotensi Gangguan Jiwa

3. Anak Suka Nonton YouTube? Ini Kiatnya Agar Tetap Aman

0 Komentar

Belum ada komentar