Sukses

Menjaga Lambung Tetap Sehat Saat Berpuasa

Tidak sedikit penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Tapi, bagaimana jika penderita asam lambung ingin berpuasa?

Sering kali orang bertanya, apakah lambung akan bermasalah saat kita berpuasa terutama bagi penderita sakit maag?

Fungsi lambung secara umum adalah tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap. Peranan lambung sangat penting dalam sistem pencernaan.

Puasa tidak menjadikan lambung bermasalah, begitu juga dengan orang yang sudah menderita penyakit maag—khususnya penderita maag fungsional. Karena saat puasa, pola makan menjadi teratur setiap harinya selama sebulan.

Penderita maag juga tetap dapat berpuasa, namun perlu diketahui terlebih dahulu jenis maag apa yang dialami orang tersebut. Penyakit maag dibagi menjadi dua jenis yakni:

  • Maag fungsional yang disebabkan karena pola makan tidak teratur, pada pemeriksaan fisik dan penunjang seperti pemeriksaan endoskopi tidak ditemukan adanya kelainan anatomi.
  • Maag organik yang disebabkan adanya luka di saluran pencernaan. Luka pada saluran pencernaan ditemukan saat pemeriksaan fisik dan penunjang endoskopi.

Pada penderita maag fungsional dapat tetap berpuasa, karena berpuasa membuat penderita lebih menjaga makanan dan makan lebih teratur. Sedangkan pada penderita maag organik, bisa menunda sementara waktu berpuasanya jika sedang terjadi muntah darah atau nyeri perut berlebihan.

Berikut beberapa kiat untuk menjaga lambung Anda tetap sehat waktu berpuasa:

  • Jangan melewatkan waktu sahur dan berbuka puasa.
  • Makanlah makanan yang bergizi selama berpuasa.
  • Buka puasa sebaiknya diawali dengan minum air putih lalu makanan manis, kemudian dilanjutkan makan besar setelah salat Magrib.
  • Hindari makanan yang memperberat gejala sakit maag, seperti makanan yang mengandung banyak gas. Contohnya sawi, kol, nangka, roti, serealia, dan pasta.
  • Hindari makanan yang memperlambat pengosongan lambung, karena jenis makanan ini dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Contohnya cokelat, makanan berlemak, susu full cream dan keju.
  • Hindari makanan yang merusak dinding lambung, seperti makanan pedas dan makanan bercuka.
  • Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, seperti minuman beralkohol, kopi, sari buah sitrus, atau susu full cream.
  • Bagi penderita sakit maag, hindari berbuka puasa dengan makanan karbohidrat olahan, seperti roti, mi, dan kue kering.
  • Hindari makan permen karet agar perut tidak mudah kembung.

Jadi demi kenyamanan lambung selama berpuasa, sebaiknya Anda menjaga lambung Anda dengan baik dan memperhatikan asupan makanan selama satu bulan penuh berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa!

0 Komentar

Belum ada komentar