Sukses

Lima Gejala Thalassemia yang Perlu Diketahui

Dengan mengetahui berbagai gejala awal thalassemia, deteksi dini penyakit ini dapat dilakukan dan penanganan segera dapat diberikan.

Apakah Anda pernah mendengar penyakit thalassemia? Thalassemia adalah penyakit dengan gejala utama anemia (rendahnya kadar hemoglobin). Thalassemia termasuk penyakit yang diturunkan dan cukup umum ditemui, khususnya di negara kita, Indonesia. Bahkan Indonesia termasuk salah satu negara dalam ‘Sabuk Thalassemia’. Sabuk Thalassemia adalah sebutan untuk daerah dengan jumlah kasus Thalassemia yang banyak, seperti daerah Mediterania, India sampai Asia Tenggara.

Sebagai negara dengan jumlah penderita thalassemia yang banyak, maka kita perlu mengetahui berbagai gejala thalassemia. Dengan mengetahui berbagai gejala awal thalassemia, deteksi dini penyakit ini dapat dilakukan dan penanganan segera dapat diberikan.

Apa saja gejala awal dari thalassemia?

1. Anemia

Thalassemia adalah gangguan pembentukan komponen sel darah merah, yaitu rantai globin. Hal ini akan menyebabkan sel darah berumur pendek dan kadar sel darah merah di dalam darah rendah. Pasien dengan thalassemia umumnya datang dengan keadaan pucat. Pada beberapa keadaan, badan dapat terlihat sedikit kekuningan.

2. Pembesaran organ

Salah satu organ yang tampak membesar adalah organ limpa. Limpa termasuk organ yang berperan dalam penghancuran sel darah merah. Jika jumlah sel darah merah yang dihancurkan banyak, maka organ ini akan membesar. Perut anak akan teraba besar dan keras.

3. Kegagalan tumbuh kembang

Sel darah merah berperan dalam menghantarkan oksigen ke sel tubuh. Apabila jumlahnya kurang, maka sel tubuh akan gagal berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan anak gagal bertumbuh dengan optimal. Tubuh anak akan terlihat kecil dan pertumbuhan badannya tidak sesuai dengan anak seusianya.

4. Mudah terkena infeksi

Pasien dengan thalassemia juga lebih rentan terkena infeksi. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, misalkan karena gangguan sistem imunitas dan gizi yang tidak memadai. Karena itu, bila anak terlihat pucat dan mudah terkena infeksi, maka salah satu diagnosis yang perlu dipikirkan adalah thalassemia.

5. Pembesaran tulang

Pembesaran tulang merupakan salah satu bentuk kompensasi tubuh terhadap keadaan anemia. Tubuh berusaha membentuk sel darah merah dari sumber lain, yaitu tulang. Tulang yang terangsang ini akan mengalami perubahan bentuk, khususnya pada tulang daerah pipi dan dahi.

Jika anak Anda menunjukkan gejala yang mirip dengan gejala di atas, maka kunjungilah dokter anak terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih jauh. Penanganan thalassemia yang cepat dan tepat dapat membantu anak tumbuh dengan optimal.

0 Komentar

Belum ada komentar