Sukses

Wanita Butuh Tidur Lebih Lama dari Pria

Mengapa wanita membutuhkan tidur lebih lama dari pria? Baca penjelasannya di sini.

Tahukah Anda bahwa wanita lebih membutuhkan waktu tidur lebih panjang dibandingkan pria? Ya, wanita membutuhkan waktu 20 menit lebih lama dari pria.

Beberapa alasannya adalah pertama, wanita didesain untuk dapat mengerjakan sesuatu lebih dari satu di waktu yang bersamaan dengan penggunaan otak yang lebih banyak dibandingkan pria; dan kedua, menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Loughborough, wanita memerlukan waktu tidur lebih lama daripada pria karena otak wanita lebih kompleks dibandingkan pria.

Namun pada kenyataannya, wanita sulit untuk tidur lebih lama dibandingkan pria karena wanita sering kali mudah terbangun jika terdapat gangguan di sekitarnya. Selain itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, yakni:

  • Gangguan tidur saat sedang hamil yang disebabkan oleh peningkatan berat badan dan posisi dari janin.
  • Gangguan tidur saat wanita sudah memasuki masa menopause yang disebabkan adanya gejala hot flashes.
  • Wanita lebih sering sulit tidur jika terdapat masalah sehingga terus membebani pikiran.

Gangguan dalam tidur seperti di atas hendaknya tidak terjadi berkepanjangan dan segera diatasi, agar tidak terjadi penurunan kuantitas waktu tidur. Karena kurang tidur pada wanita dapat meningkatkan stres, depresi, serta mudah marah. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan: gangguan jantung dan penyakit diabetes! Sedangkan efek samping tersebut tidak terjadi pada pria jika mereka memiliki penurunan kuantitas jam tidur. Mengapa bisa terjadi demikian?

Dari penelitian ditemukan bahwa hormon pria testosteron akan meningkat jika terjadi penurunan kuantitas jam tidur pada pria. Peningkatan hormon testosteron ini berfungsi sebagai anti-peradangan yang secara tidak langsung dapat menurunkan hormon pemicu stres di dalam tubuh. Sedangkan, hormon wanita seperti progesteron tidak mempunyai efek untuk mencegah stres. 

0 Komentar

Belum ada komentar