Sukses

Kurangi Gula demi Kesehatan Gigi Anak

Selain menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi, orangtua juga harus membatasi dan memantau kebiasaan anak terkait dengan makanan dan minuman yang ia konsumsi.

Para orangtua tentu sudah mulai paham mengenai kerusakan gigi pada anak, misalnya gigi keropos atau berlubang itu disebabkan oleh kebiasaan makan dan minum yang tinggi kadar gula. Tapi kadang orangtua bingung, sudah rajin sikat gigi tapi kok tetap saja gigi anak mereka rusak. Bagaimana tidak, jika sikat gigi dilakukan tetapi konsumsi makanan bergula masih menjadi kebiasaan sehari-hari?

Selain menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi, orangtua juga harus membatasi dan memantau kebiasaan anak terkait dengan makanan dan minuman yang ia konsumsi.

Berikut penjelasan lengkapnya:

·  Hindari memberikan makanan kecil dengan pemanis seperti gula putih, gula merah atau sirop jagung. Berdasarkan rekomendasi WHO, anak-anak sebaiknya hanya mengonsumsi gula tidak lebih dari 3 sendok teh per hari (1 sendok teh setara dengan 4 gram). Bila memberikan makanan kemasan, maka perhatikan terlebih dahulu jumlah kandungan gulanya.

· Batasi mengonsumsi minuman kemasan dengan kadar gula tinggi. Minuman jenis ini bermacam-macam, salah satu jenis minuman yang cukup banyak gulanya adalah minuman bersoda. Selain itu, minuman ini dapat membuat kerusakan pada email gigi, sehingga gigi menjadi sensitif pada kemudian hari.

·  Hati-hati dengan minuman jus kemasan. Jus kemasan umumnya memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Karena itu, pemberian air putih dan susu merupakan pilhan yang lebih baik untuk anak.

· Katakan tidak pada camilan yang lengket. Jenis makanan yang lengket ini akan memberikan risiko yang besar bagi berlubangnya gigi. Dikarenakan makanan ini akan tertinggal dan lengket pada permukaan gigi, tidak mudah dibersihkan, dan gula yang ada di dalamnya akan “dimakan” oleh bakteri.

Yuk, mulai batasi konsumsi gula pada anak Anda. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? 

0 Komentar

Belum ada komentar