Sukses

Sayur Asam, Sayur Lezat Banyak Manfaat

Sayur asam merupakan jenis makanan yang mungkin menjadi favorit sebagian masyarakat Indonesia. Sayur asam, selain lezat ternyata juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Sayur asam merupakan makanan khas yang umumnya dijadikan konsumsi favorit bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Sayur asam, selain rasanya lezat, diyakini juga mempunyai manfaat kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya.

Pasalnya, banyak orang yang menggunakan asam tersebut untuk pengobatan konstipasi, gangguan liver, dan gangguan lambung lainnya. Selain itu, buah asam juga dianggap dapat menyembuhkan batuk dan demam. Beberapa wanita hamil menggunakan buah asam sebagai terapi untuk menghilangkan mual yang berkaitan dengan kehamilannya.

Pada dasarnya, buah asam memang memiliki fungsi terkait masalah kesehatan tersebut, misalnya untuk masalah konstipasi. Buah asam memiliki efek laksativa atau pencahar yang dapat melancarkan pencernaan Anda. Selain itu, buah asam ini juga memiliki efek antimikroba – seperti jamur dan bakteri.

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa ekstrak asam memiliki manfaat untuk mengobati mata kering. Pasalnya, senyawa kimia yang dimiliki oleh buah asam serupa dengan cairan mucin yang ada di mata.

Selain itu, terdapat sebuah penelitian khusus pada penderita diabetes yang mengonsumsi produk olahan makanan yang berbahan dasar asam – sama seperti yang terkandung pada sayur asam. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa produk olahan makanan yang berbahan dasar asam tersebut dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes, sehingga dapat disimpulkan bahwa buah asam ataupun produk olahannya mampu membantu untuk mencegah penderita diabetes dari gejala hipoglikemia.

Walaupun memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan, sayur asam tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang ideal. Pasalnya, penggunaan obat aspirin dan konsumsi buah asam ataupun produk olahannya – seperti sayur asam – dapat meningkatkan penyerapan obat aspirin tersebut sehingga membuat meningkatnya kemungkinan efek samping obat.

Sayur asam memang sangat lezat dan bermanfaat bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya. Namun ingatlah, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

0 Komentar

Belum ada komentar