Sukses

Sayur Asam, Sayur Lezat Banyak Manfaat

Selain lezat, sayur asam ternyata juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Sayur asam adalah salah satu campuran sayur yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Karena rasanya yang segar dan dibuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan, sayuran ini menjadi makanan favorit hampir setiap kalangan.

Bahan pembuatan yang digunakan memang termasuk yang paling umum ditemukan di Indonesia, seperti asam jawa, kacang tanah, kol atau kubis, kacang panjang, labu siam, nangka muda, melinjo, jagung manis, cabai, serta bawang merah dan putih.

Kabar baiknya, selain menyegarkan, manfaat sayur asam bagi kesehatan pun ternyata beragam. Apa saja khasiat sayur asam yang digadang-gadangkan? Berikut rinciannya.

1 dari 5 halaman

1. Melindungi dari Penyakit Kronis

Salah satu bahan pembuatan sayur asam, yakni asam jawa atau juga disebut tamarin, memiliki ciri khas berwarna hitam. Selain sebagai campuran masakan, asam jawa juga memiliki peran penting dalam pengobatan tradisional.

Dalam bentuk minuman, asam jawa sering kali digunakan untuk menangani diare, konstipasi, demam, dan tukak lambung.

Artikel Lainnya: Turunkan Risiko Penyakit Jantung dengan Konsumsi Paprika

Selain itu, manfaat sayur asam dari asam jawa juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Ini diperoleh dari kandungan polifenol dalam asam yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat sayur asam berikutnya masih karena kandungan asam jawa. Ekstrak bijinya dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sedangkan ekstrak dari kulitnya dapat membantu menurunkan berat badan dan memulihkan dari penyakit fatty liver.

Selain dari asam jawa, khasiat sayur asam untuk menurunkan kadar gula darah diperoleh dari kacang panjang. Ya, sayuran yang umum dikonsumsi sebagai lalapan ini tinggi akan kandungan serat dan protein sehingga baik untuk kesehatan.

Kacang panjang juga diketahui memiliki manfaat dalam melancarkan proses pencernaan tubuh karena tinggi serat. Jadi, Anda pun dapat menambahkan sayuran yang satu ini ke dalam menu diet Anda.

2 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jagung yang menjadi sumber karbohidrat di dalam sayur asam dapat menjadi pengganti nasi. Karbohidrat mengandung glukosa yang merupakan bahan bakar utama otak untuk bekerja.

Tak sebatas itu saja, metabolisme tubuh secara keseluruhan memerlukan karbohidrat untuk bekerja dengan baik.

Artikel Lainnya: Ini 9 Hal yang Terjadi pada Tubuh akibat Kurang Makan Sayur

4. Menguatkan Tulang

Berbagai kandungan sayuran asam, seperti vitamin A, B6, C, folat, magnesium, serat, riboflavin, fosfor, dan potasium diperoleh dari labu siam.

Mangan yang terdapat di dalamnya dapat membantu proses pemadatan tulang dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproses lemak dan karbohidrat.

3 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang putih termasuk salah satu bahan pembuatan sayur asam. Bahan inilah yang menjadikan manfaat sayur asam dapat meningkatan fungsi dari sistem imun manusia.

Meski penelitian mengenai hal ini masih terbatas, menambahkan bawang putih ke dalam diet Anda diketahui dapat mengurangi gejala pilek atau tidak enak badan yang dialami.

Dengan begitu, bawang putih juga dapat mengurangi jumlah hari Anda sakit secara signifikan.

Artikel Lainnya: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Lewat Warna Makanan

6. Mengurangi Gejala Alergi

Salah satu manfaat sayur asam adalah mengurangi gejala alergi musiman. Bawang merah—sebagai salah satu bahan pembuatan sayur asam—mengandung quercetin, suatu flavonoid dari tumbuhan.

Kandungan tersebut diketahui dapat mengurangi gejala yang timbul pada mata dan hidung yang berhubungan dengan alergi musiman.

Quercetin bertindak sebagai antihistamin alami sehingga mampu mengurangi reaksi peradangan dan pernapasan, seperti pada asma, bronkitis, dan alergi musiman.

4 dari 5 halaman

7. Mencegah Penyakit Kulit

Salah satu kandungan sayur asam adalah berbagai antioksidan, seperti vitamin C yang diperoleh dari buah nangka. Antioksidan inilah yang membuat manfaat sayur asam dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi buah nangka dapat memperlambat proses penuaan pada kulit.

Itu dia beberapa manfaat sayur asam bagi kesehatan Anda. Meskipun punya banyak khasiat, konsumsilah sayur asam dengan bijak dan porsi yang ideal. Sebab, konsumsi berlebihan dapat meningkatkan efek samping obat aspirin, khususnya bagi Anda yang mengonsumsinya.

Jadi, bila ingin memperoleh manfaatnya secara optimal, konsumsilah sewajarnya. Untuk membaca artikel kesehatan yang menarik lainnya, Anda dapat mengunduh aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter secara langsung melalui layanan Live Chat.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar