Kesehatan Umum

10 Pertolongan Pertama pada Korban Gigitan Ular

Siti Putri Nurmayani, 23 Des 2022

Ditinjau Oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk menyelamatkan nyawa korban gigitan ular. Berikut pertolongan pertama saat digigit ular yang bisa dilakukan.

10 Pertolongan Pertama pada Korban Gigitan Ular

Seorang pria di Sukabumi, Jawa Barat, dilaporkan meninggal dunia setelah terkena gigitan bayi ular king cobra. Ular berbisa tersebut mematuk salah satu jari tangan korban.

Tenaga kesehatan sempat berusaha memompa jantung korban, nahas nyawanya tidak tertolong.

Penyebaran racun ular di dalam tubuh memang sangat cepat. Sekitar 15-30 menit setelah digigit ular berbisa, kamu bisa merasakan sakit dan panas seperti terbakar di lokasi gigitan.

Area luka juga bisa mengalami bengkak dan memar. Gejala dapat pula berkembang menjadi sesak napas, mual, lemas, dan timbul rasa aneh di mulut.

Disampaikan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, gigitan ular berbisa seperti kobra bahkan berisiko memicu kematian. Lalu, bagaimana pertolongan pertama saat digigit ular? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Menjauh dari Ular

Menjauh dari Ular

Pertolongan pertama saat terkena gigitan ular adalah jauhkan korban dari hewan melata tersebut.

“Arahkan korban ke tempat yang aman dan hindari area yang memungkinkan ular bersembunyi, seperti di bawah batu atau balok kayu,” saran dr. Iqbal.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat, sebaiknya kamu juga mengingat bentuk dan warna ular tersebut. Nantinya, hal ini bisa membantu dokter merekomendasikan obat yang tepat untuk mengatasi racun ular.

Artikel Lainnya: Jangan Sepelekan Gigitan Serangga Ini

2. Pastikan Korban Tetap Tenang

Yakinkan korban bahwa gigitan ular bisa diatasi segera. Langkah penanganan saat digigit ular ini bisa membantu korban tetap tenang.

3. Minimalkan Gerakan

Beri tahu korban agar tidak banyak bergerak sehingga racun tidak menyebar lebih cepat ke seluruh tubuh. Jika memungkinkan, baringkan korban dalam posisi menyamping sambil menunggu bantuan dari tenaga kesehatan.

4. Jaga Area Gigitan Tetap Berada di Bawah Jantung

Pastikan area tubuh korban yang digigit ular tetap berada di bawah jantung. Tujuannya adalah untuk memperlambat penyebaran racun melalui aliran darah.

Misalnya, tangan yang terkena gigitan ular tidak boleh diangkat sejajar atau melebihi jantung dan dada.

5. Lepaskan Seluruh Benda di Sekitar Luka Gigitan

Lepas semua perhiasan, jam tangan, atau pakaian di sekitar lokasi gigitan. Racun ular dapat menyebabkan pembengkakan. Menanggalkan benda yang menempel di lokasi gigitan ular bisa membantu proses pertolongan pertama.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Bila Digigit Anjing

6. Tutupi Gigitan dengan Perban Bersih

Lalu, bagaimana cara memberikan P3K pada korban gigitan ular berbisa? Caranya adalah dengan melilitkan perban khusus atau kasa pembalut yang bersih dan kering untuk menutupi bekas gigitan ular.

Perban harus dibalut dengan tepat dan tidak menyisakan celah. Tak lupa, gunakan pulpen untuk menandai perban pada lokasi gigitan ular.

7. Jangan Mengikat Bagian Tubuh Tertentu

Sebaiknya hindari mengikat terlalu kencang area tubuh tertentu pada korban gigitan ular. Hindari pula penggunaan tourniquet.

Pasalnya, jaringan tubuh bisa mati ketika area tubuh diikat terlalu kuat. Aliran darah bisa berhenti sehingga berisiko menimbulkan kematian jaringan total yang berujung amputasi.

8. Jangan Sentuh Lokasi Gigitan Ular

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat melakukan pertolongan pertama digigit ular, yaitu jangan menyentuh area luka bekas gigitan. Kamu juga tidak boleh mengaplikasikan kompres dingin pada area luka.

Hindari memotong area luka pakai pisau. Kamu juga tidak boleh mengisap racun ular menggunakan mulut. Dengan cara apa pun, jangan sekali-kali berusaha mengeluarkan racun dari tubuh korban, ya! 

9. Hindari Pemberian Makan atau Minum

Korban gigitan ular bisa saja mengalami pingsan. Saat kehilangan kesadaran, korban rentan tersedak sehingga tidak dianjurkan diberikan makanan atau minuman lewat mulut.

Hindari pula memberikan minuman, seperti alkohol atau kopi. Dua jenis minuman ini bisa mempercepat penyerapan racun pada tubuh.

Jangan pula memberikan sembarang obat P3K, seperti pereda nyeri untuk mengatasi gigitan ular tanpa rekomendasi dari dokter.

10. Segera Bawa Korban ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Alih-alih menangkap dan membunuh ular tersebut, sebaiknya kamu segera membawa korban ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Beritahu ciri-ciri ular yang mematuk untuk memudahkan dokter memberikan pengobatan yang tepat.

Khusus untuk gigitan ular berbisa, dokter akan memberikan antivenom atau serum antibisa ular. Serum ini ampuh untuk mengatasi bisa ular kobra, ular belang, dan ular tanah.

Artikel Lainnya: Infeksi Gigitan Laba-Laba, Timbulkan Belatung pada Luka?

Terapkan pertolongan pertama saat digigit ular di atas agar kemungkinan korban selamat menjadi lebih besar.

Agar terhindar dari bahaya ular berbisa, #JagaSehatmu dengan menjauh dari ular dan jangan menyentuhnya.

Pertanyaan lebih lanjut mengenai pertolongan pertama untuk menyelamatkan korban gigitan ular bisa kamu konsultasikan secara online lewat layanan Tanya Dokter. Unduh aplikasi KlikDokter untuk menggunakan fiturnya.

Kamu juga bisa mengikuti informasi kesehatan terkini, terlengkap, dan terpercaya hanya di KlikDokter!

(ADT/JKT)

UlarPertolongan Pertama

Konsultasi Dokter Terkait