Sukses

Kenali, Ini Jenis Teh dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Teh memiliki beragam jenis. Masing-masing pun memiliki manfaatnya tersendiri bagi kesehatan. Yuk, kenali jenis-jenis teh dan manfaatnya di sini.

Teh adalah salah satu minuman yang populer dan sudah dikonsumsi sejak zaman dahulu kala. Bahkan di beberapa negara, seperti China, Jepang, dan Inggris, minum teh memiliki ritual yang sifatnya sakral.

Kini, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis teh yang dijual di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis teh yang bisa dikonsumsi beserta manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

1. White tea

White tea atau teh putih memiliki rasa alami yang unik dan sedikit manis. Teh ini dihasilkan lewat metode pemrosesan yang berbeda dari jenis teh lainnya. Kuncup daun teh yang masih menutup dipetik dan dikeringkan dengan temperatur rendah. Kuncup daun teh tersebut juga tidak melalui proses oksidasi.

Penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Nutrition and Metabolism menyebutkan bahwa minum teh putih secara rutin dapat menekan nafsu makan berlebih dan meningkatkan metabolisme.

1 dari 4 halaman

2. Black tea

Black tea atau teh hitam diproduksi melalui proses oksidasi. Artinya, kandungan air yang menguap keluar dari daun teh akan menyerap lebih banyak oksigen dari udara. Proses inilah yang kemudian memberikan rasa kuat dan warna coklat kehitaman di lembar daun black tea.

Menurut penelitian yang dilansir dari jurnal Nutrients, jenis teh ini dapat membantu menurunkan tekanan darah penderita hipertensi

Artikel Lainnya: Manfaat Minum Teh Setiap Hari, Apa Saja?

3. Green tea

Green tea atau teh hijau adalah salah satu jenis teh yang cukup populer di Indonesia. Sama seperti white tea, green tea juga tidak melalui proses oksidasi dalam proses pembuatannya. Jika diseduh dengan suhu rendah dan waktu yang singkat, teh hijau memiliki kadar kafein yang lebih rendah, kira-kira sekitar 10 - 30 persen dari kopi.

Menurut studi dari Journal of the American College of Nutrition, teh hijau bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Penelitian tersebut mengatakan, peserta studi yang mengonsumsi 4 gelas teh hijau setiap hari selama 2 bulan, dapat menurunkan berat badan 2.7 kg.  Penurunan berat badan lebih banyak didapat jika dibandingkan peserta yang hanya minum air putih.

2 dari 4 halaman

4. Oolong tea

Teh yang memiliki rasa pekat dan beraroma kuat ini amat populer di negara China. Oolong tea umumnya diminum tanpa tambahan susu dan gula. Dalam proses pembuatannya, oolong tea akan melalui proses oksidasi sebagian.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal pada tahun 2015, mengonsumsi teh oolong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Artikel Lainnya: Apa Saja Manfaat Teh Putih bagi Kesehatan?

5. Red tea

Red tea atau rooibos tea terbuat dari daun semak-semak Aspalathus linearis. Red tea mengandung antioksidan yang tinggi, yaitu aspalathin dan quercetin. Antioksidan yang terkandung di dalam red tea dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Penelitian lain yang diterbitkan oleh European Journal of Nutrition pada tahun 2013 menyebutkan bahwa red tea dapat membantu mengatur kadar gula darah dan menurunkan resistensi insulin.

3 dari 4 halaman

6. Pu-erh tea

Pu-erh tea merupakan jenis teh fermentasi yang dibuat dari wild old tree. Teh ini berasal dari provinsi Yunnan, China. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal PLoS One pada tahun 2015,  pu-erh tea dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu pu-erh tea ditemukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Apapun pilihan Anda, berbagai jenis teh di atas dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Untuk tahu informasi lengkap mengenai teh dan manfaat lainnya untuk kesehatan, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Apabila mau konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar