Diet dan Nutrisi

12 Manfaat Cincau untuk Kesehatan Tubuhmu

dr. Adeline Jaclyn, 28 Apr 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Segelas es cincau di siang hari bolong memang nikmat dan menyegarkan. Manfaatnya untuk kesehatan pun tidak bisa Kamu sepelekan.

12 Manfaat Cincau untuk Kesehatan Tubuhmu

Cincau adalah jenis tumbuhan yang daunnya dapat diolah untuk membuat agar-agar. 

Agar-agar cincau sering dikonsumsi sebagai bahan utama ataupun pelengkap minuman dan makanan penutup di banyak negara di Asia, seperti Cina, Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, hingga Indonesia.

Selain dikenal sebagai pereda nyeri tenggorokan, cincau memiliki manfaat lainnya yang cukup beragam. Yuk, ketahui apa saja manfaat cincau berikut ini!

1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Kamu bisa mengonsumsi cincau.   

Hal ini dikarenakan cincau memiliki kandungan vitamin, fosfor, dan kalsium di dalamnya. Ketiga zat tersebut diketahui dapat meringankan gejala sakit tenggorokan.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Ternyata, konsumsi cincau dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, lho. Ini berkat senyawa gula dalam cincau yang mampu melawan bakteri pemicu nyeri perut.

Daun cincau mengandung vitamin B dan C. Saat dikonsumsi, kedua vitamin tersebut dapat membantu mengatasi masalah diare. Kandungan serat pada cincau juga bisa membersihkan saluran cerna Kamu. 

Artikel lainnya: Manfaat Istimewa Daun Kratom bagi Kesehatan

3. Menurunkan Berat Badan

Cincau memiliki kandungan vitamin A, B1, C, kalsium, fosfor, dan karbohidrat di dalamnya. Tak hanya itu, tumbuhan ini juga punya kalori yang rendah.

Semua nutrisi ini menjadikan cincau baik untuk program diet Kamu. Apalagi serat dalam cincau dapat membuat Kamu lebih kenyang, sehingga membantu menurunkan berat badan. Dengan demikian, Kamu tidak akan makan berlebihan.

4. Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat tanaman cincau adalah dapat menangkis radikal bebas. Ini karena cincau mengandung flavonoid, tanin, dan fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan alami.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gajah Mada, zat metabolik yang terkandung dalam cincau bisa membantu menangkal radikal bebas. Dengan demikian, risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dapat menurun. 

5. Membantu Mencegah Kanker

Cincau meyimpan antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker. Mulai dari kanker hati, payudara, paru-paru, hingga leher rahim.

Dengan begitu, konsumsi minuman cincau kemungkinan bermanfaat untuk menurunkan risiko Kamu terkena kanker.

6. Mengobati Demam

Tahukah Kamu, cincau dapat digunakan untuk mengatasi demam? Manfaat yang satu ini didapat dari kandungan nutrisi yang cukup banyak pada tumbuhan ini.

Beberapa nutrisi tersebut, yaitu flavonoid, saponin, serta vitamin A dan B. Kandungan ini dipercaya dapat membantu menangani keluhan demam. 

Artikel lainnya: Menyingkap Manfaat Daun Sendok untuk Kesehatan

7. Membantu Mengatasi Diabetes

Cincau mengandung klorofil dan bisbenzilsokuinolin. Karena itu, salah satu manfaat cincau untuk kesehatan adalah dapat membantu mengatasi diabetes dengan meregulasi kadar gula darah tinggi.

Selain itu, manfaat daun cincau bagi para penderita diabetes yakni dapat membantu kinerja insulin. Untuk mendapatkan khasiat ini, Kamu disarankan untuk mengonsumsi cincau tanpa tambahan sirup ataupun gula.

8. Menangani Kembung

Kembung disebabkan oleh pencernaan yang tidak berjalan dengan baik. Nah, cincau hitam sangat baik untuk mengatasi gas berlebihan dalam perut. 

Apalagi kandungan serat dalam cincau hitam sangat efektif untuk membersihkan saluran cerna, sehingga mampu mengurangi gas. Jadi, Kamu dapat mengonsumsi cincau hitam untuk mengatasi masalah perut kembung

9. Mendukung Kesehatan Mata

Konsumsi daun cincau berkhasiat untuk memelihara kesehatan mata, khususnya terhadap age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula. Ini merupakan masalah penglihatan yang terjadi pada orang lanjut usia. 

Untuk mengobati degenerasi makula, selain dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, penting juga bagi pasien untuk memeriksakan mata secara rutin ke dokter. 

10. Meningkatkan Imun Tubuh

Bila ingin sistem imun Kamu terus terjaga, konsumsi makanan kaya antioksidan sangat disarankan. Antioksidan akan memastikan bahwa tubuh Kamu dilindungi dari efek radikal bebas dan infeksi virus. 

Perlu diketahui bahwa jumlah radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Karena itu, Kamu dapat mengonsumsi makanan antioksidan yang salah satunya cincau untuk mencegah hal tersebut. 

Artikel lainnya: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

11. Sumber Karbohidrat yang Baik

Cincau dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat. Itulah mengapa, bagi orang yang menginginkan asupan energi, cincau adalah solusi yang tepat. 

Lebih jauh lagi, cincau biasanya ditambah gula sehingga sangat baik untuk menambah energi. Namun, tetap penting bagi Kamu untuk membatasi konsumsi gula agar tidak terlalu berlebihan dan memicu penyakit. 

12. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut penelitian, cincau mengandung komponen flavonoid yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.  

Selain dengan konsumsi cincau, untuk menurunkan darah tinggi, Kamu juga perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Misalnya, dengan konsumsi sayur dan buah, mengurangi garam, memperbanyak aktivitas fisik, dan lain sebagainya. 

Demikian beragam manfaat cincau untuk kesehatan Kamu. Cincau yang menyimpan banyak nutrisi ini sangat baik untuk menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan mata. 

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai jumlah cincau yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang sudah disebutkan di atas. 

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

Kamu juga bisa tanya dokter online lewat Tanya Dokter.

[RS]

Cincau

Konsultasi Dokter Terkait