Sukses

Yuk, Telusuri Manfaat Cincau untuk Kesehatan!

Segelas es cincau di siang hari bolong memang nikmat dan menyegarkan. Manfaatnya untuk kesehatan pun tidak bisa Anda sepelekan.

Cincau adalah jenis tumbuhan yang daunnya dapat diolah untuk membuat agar-agar. 

Agar-agar cincau sering dikonsumsi sebagai bahan utama ataupun pelengkap minuman dan makanan penutup di banyak negara di Asia, seperti Cina, Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, hingga Indonesia.

Selain dikenal sebagai pereda nyeri tenggorokan, cincau memiliki manfaat lainnya yang cukup beragam. Yuk, ketahui apa saja manfaat cincau berikut ini!

1 dari 13 halaman

1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mengonsumsi cincau.   

Hal ini dikarenakan cincau memiliki kandungan vitamin, fosfor, dan kalsium di dalamnya. Ketiga zat tersebut diketahui dapat meringankan gejala sakit tenggorokan.

2 dari 13 halaman

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Ternyata, konsumsi cincau dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, lho. Ini berkat senyawa gula dalam cincau yang mampu melawan bakteri pemicu nyeri perut.

Daun cincau mengandung vitamin B dan C. Saat dikonsumsi, kedua vitamin tersebut dapat membantu mengatasi masalah diare. Kandungan serat pada cincau juga bisa membersihkan saluran cerna Anda. 

Artikel lainnya: Manfaat Istimewa Daun Kratom bagi Kesehatan

3 dari 13 halaman

3. Menurunkan Berat Badan

Cincau memiliki kandungan vitamin A, B1, C, kalsium, fosfor, dan karbohidrat di dalamnya. Tak hanya itu, tumbuhan ini juga punya kalori yang rendah.

Semua nutrisi ini menjadikan cincau baik untuk program diet Anda. Apalagi serat dalam cincau dapat membuat Anda lebih kenyang, sehingga membantu menurunkan berat badan. Dengan demikian, Anda tidak akan makan berlebihan.

4 dari 13 halaman

4. Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat tanaman cincau adalah dapat menangkis radikal bebas. Ini karena cincau mengandung flavonoid, tanin, dan fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan alami.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gajah Mada, zat metabolik yang terkandung dalam cincau bisa membantu menangkal radikal bebas. Dengan demikian, risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dapat menurun. 

5 dari 13 halaman

5. Membantu Mencegah Kanker

Cincau meyimpan antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker. Mulai dari kanker hati, payudara, paru-paru, hingga leher rahim.

Dengan begitu, konsumsi minuman cincau kemungkinan bermanfaat untuk menurunkan risiko Anda terkena kanker.

6 dari 13 halaman

6. Mengobati Demam

Tahukah Anda, cincau dapat digunakan untuk mengatasi demam? Manfaat yang satu ini didapat dari kandungan nutrisi yang cukup banyak pada tumbuhan ini.

Beberapa nutrisi tersebut, yaitu flavonoid, saponin, serta vitamin A dan B. Kandungan  ini dipercaya dapat membantu menangani keluhan demam. 

Artikel lainnya: Menyingkap Manfaat Daun Sendok untuk Kesehatan

7 dari 13 halaman

7. Membantu Mengatasi Diabetes

Cincau mengandung klorofil dan bisbenzilsokuinolin. Karena itu, salah satu manfaat cincau untuk kesehatan adalah dapat membantu mengatasi diabetes dengan meregulasi kadar gula darah tinggi.

Selain itu, manfaat daun cincau bagi para penderita diabetes yakni dapat membantu kinerja insulin. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi cincau tanpa tambahan sirup ataupun gula.

8 dari 13 halaman

8. Menangani Kembung

Kembung disebabkan oleh pencernaan yang tidak berjalan dengan baik. Nah, cincau hitam sangat baik untuk mengatasi gas berlebihan dalam perut. 

Apalagi kandungan serat dalam cincau hitam sangat efektif untuk membersihkan saluran cerna, sehingga mampu mengurangi gas. Jadi, Anda dapat mengonsumsi cincau hitam untuk mengatasi masalah perut kembung

9 dari 13 halaman

9. Mendukung Kesehatan Mata

Konsumsi daun cincau berkhasiat untuk memelihara kesehatan mata, khususnya terhadap age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula. Ini merupakan masalah penglihatan yang terjadi pada orang lanjut usia. 

Untuk mengobati degenerasi makula, selain dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, penting juga bagi pasien untuk memeriksakan mata secara rutin ke dokter. 

10 dari 13 halaman

10. Meningkatkan Imun Tubuh

Bila ingin sistem imun Anda terus terjaga, konsumsi makanan kaya antioksidan sangat disarankan. Antioksidan akan memastikan bahwa tubuh Anda dilindungi dari efek radikal bebas dan infeksi virus. 

Perlu diketahui bahwa jumlah radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Karena itu, Anda dapat mengonsumsi makanan antioksidan yang salah satunya cincau untuk mencegah hal tersebut. 

Artikel lainnya: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

11 dari 13 halaman

11. Sumber Karbohidrat yang Baik

Cincau dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat. Itulah mengapa, bagi orang yang menginginkan asupan energi, cincau adalah solusi yang tepat. 

Lebih jauh lagi, cincau biasanya ditambah gula sehingga sangat baik untuk menambah energi. Namun, tetap penting bagi Anda untuk membatasi konsumsi gula agar tidak terlalu berlebihan dan memicu penyakit. 

12 dari 13 halaman

12. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut penelitian, cincau mengandung komponen flavonoid yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.  

Selain dengan konsumsi cincau, untuk menurunkan darah tinggi, Anda juga perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Misalnya, dengan konsumsi sayur dan buah, mengurangi garam, memperbanyak aktivitas fisik, dan lain sebagainya. 

Demikian beragam manfaat cincau untuk kesehatan Anda. Cincau yang menyimpan banyak nutrisi ini sangat baik untuk menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan mata. 

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai jumlah cincau yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang sudah disebutkan di atas. 

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar