Sukses

Jenis-Jenis Olahraga dan Kalori yang Dibakar

Hanya bersandar pada pembatasan kalori kadang tidak bisa membuat diet Anda berhasil. Olahraga tetap diperlukan untuk memangkas lemak. Lantas, jenis olahraga apa yang cocok untuk Anda?

Baner Fitbar

Olahraga menjadi bagian tidak terpisahkan dalam upaya penurunan berat badan. Dengan hanya mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari kadang tidak berhasil bagi sebagian orang. Apalagi pola hidup yang sedenter (tidak banyak beraktivitas dan bergerak) sering kali menjadi sandungan utama dalam menurunkan berat badan.

Bila Anda memiliki berat badan berlebih dan sedang berupaya menurunkannya, jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan olahraga sebagai salah satu pilar penting.

Nah, apakah Anda sudah tahu harus memulai dari mana, misalnya olahraga apa yang mesti Anda dipilih dan harus seberapa sering?

Olahraga & Kalori yang Dikeluarkan

Dalam memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menurunkan berat badan, Anda dapat memulai dengan mengetahui jenis olahraga serta kalori yang terbakar saat melakukannya. Tiap jenis olahraga akan menghabiskan kalori yang berbeda. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Jogging (berlari santai) selama 1 jam dapat membakar 477 kalori. Berlari termasuk salah satu olahraga sederhana yang membakar banyak kalori, serta mampu meningkatkan level ketahanan agar Anda tidak mudah lelah saat beraktivitas sehari-hari.
  • Berjalan kaki selama 1 jam dapat membakar 239 kalori. Bila Anda memiliki masalah sendi atau tidak mempunyai waktu khusus untuk jogging, Anda dapat meningkatkan jalan kaki di antara kegiatan Anda, misalnya berjalan menuju restoran, menuju halte transportasi, dan lain-lain.
  • Angkat beban selama 1 jam dapat membakar 341 kalori. Angkat beban tidak selalu dikaitkan dengan tubuh berotot milik binaragawan; olahraga ini cukup penting bagi Anda yang tidak ingin tampak ‘lembek’, misalnya untuk memangkas lemak pada lengan yang bergelambir.
  • Bersepeda selama 1 jam dapat membakar 508 kalori. Bersepeda termasuk salah satu olahraga aerobik yang dapat diandalkan bila Anda memiliki masalah sendi lutut atau pergelangan kaki, sebab titik tumpuan berat badan ada pada dudukan sepeda.
  • Berenang selama 1 jam mampu membakar 546 kalori. Sesungguhnya jumlah kalori yang terbakar sangat bergantung dengan jenis gaya renang yang dilakukan. Eenang gaya kupu-kupu dan gaya dada termasuk sebagai gaya renang yang paling menghabiskan kalori.

Meski demikian, perhitungan kalori yang dapat dibakar oleh masing-masing jenis olahraga di atas dapat bervariasi. Karena jumlah kalori di atas adalah rata-rata untuk orang yang memiliki berat badan 68 kilogram.

Olahraga Tidak Harus Berat Asal Rutin

Olahraga adalah cara terpenting untuk membakar lemak yang sudah menumpuk pada tubuh. Ketahuilah bahwa lemak bukanlah cadangan energi yang digunakan pertama kali saat tubuh kekurangan energi. Pertama-tama, tubuh akan menggunakan glukosa dan glikogen sebagai pemasok energi. Saat keduanya telah habis, barulah lemak akan dipecah menjadi sumber energi.

Dengan begitu, olahraga yang paling tepat untuk seseorang yang ingin menurunkan lemak dan mengalami obesitas adalah olahraga yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama, misalnya durasi olahraga harus mencapai 45 menit hingga 1 jam (hingga cadangan lemak harus dibakar untuk memperoleh energi).

Lakukanlah olahraga yang tidak terlalu berat (intensitas ringan-sedang), asalkan rutin yakni minimal 3 kali per minggu.

0 Komentar

Belum ada komentar