Sukses

Posisi Duduk yang Benar saat Bekerja

Posisi duduk yang benar saat bekerja dapat menambah kenyamanan, sekaligus mencegah tubuh pegal-pegal. Bagaimana postur duduk yang baik menurut medis? Ini faktanya.

Sebagian aktivitas sehari-hari dilakukan dalam posisi duduk. Tanpa disadari, Anda pun menghabiskan sebagian besar waktu sehari-hari sambil duduk. Contohnya, saat bekerja.

Penting bagi Anda untuk mempraktikkan posisi duduk yang baik, khususnya saat bekerja. Jika abai, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami pegal-pegal, dan masalah tulang punggung lainnya.

Berikut beberapa tips yang dilakukan untuk posisi duduk yang benar saat bekerja:

1 dari 4 halaman

1. Duduk Tegak dengan Punggung Lurus dan Bahu ke Belakang

Paha menempel di dudukan dan bokong harus menyentuh bagian belakang kursi. Tulang punggung memiliki bentuk yang sedikit melengkung ke depan pada bagian pinggang, sehingga dapat diletakkan bantal untuk menyangga kelengkungan tersebut.

Anda juga dapat memilih kursi yang sudah dirancang khusus dengan bentuk dan posisi anatomi tulang punggung manusia. Dengan menggunakan kursi yang tepat, risiko mudah lelah dan pegal dapat dihindari. 

Artikel Lainnya: Kerja di Rumah atau dari Kantor, Mana yang Lebih Baik?

2. Pusatkan Beban Tubuh pada Satu Titik Agar Seimbang

Usahakan jangan sampai membungkuk. Jika perlu, kursi dapat ditarik mendekati meja kerja agar posisi duduk tidak membungkuk. 

Jika posisi duduk terlalu tinggi sehingga harus sedikit membungkuk, Anda pasti akan mudah pegal dan lelah.

Duduklah di ujung belakang kursi, kemudian membungkuklah dalam-dalam. Lalu, angkat tubuh sambil membuat lengkungan dengan pusat di pinggang ke arah depan. Kendurkan posisi tersebut ke belakang sekitar 10-20 derajat. Itulah posisi duduk terbaik yang dapat Anda praktikkan.

2 dari 4 halaman

3. Perhatikan Posisi Lutut

Hindari menyilangkan kaki. Lebih baik tekuk lutut hingga sejajar dengan pinggul ketika duduk. Gunakanlah alat pengganjal kaki apabila diperlukan.

Jika ingin menulis tanpa meja kerja, gunakanlah pijakan di bawah kaki dengan posisi kaki tetap sejajar dengan lantai. Posisi duduk ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama, karena akan membuat tulang ekor menahan sebagian beban yang berasal dari paha.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Waktu Istirahat/Break untuk Pekerja Kantoran?

4. Siapkan Waktu untuk Istirahat

Usahakanlah istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri, peregangan sesaat, atau berjalan-jalan di sekitar meja kerja Anda. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kesegaran tubuh sehingga dapat tetap berkonsentrasi dalam bekerja.

3 dari 4 halaman

5. Perhatikan Posisi Tangan

Posisikan tangan senyaman mungkin di atas meja. Jangan lupa untuk mengistirahatkan lengan dan siku Anda. 

Jika perlu, Anda dapat menggunakan sandaran tangan untuk membantu mengurangi beban pada bahu dan leher sehingga tidak mudah pegal dan lelah.

Jika ingin mengambil sesuatu yang ada di samping atau di belakang, jangan memuntir punggung Anda. Putarlah keseluruhan tubuh sebagai satu kesatuan.

Ingatlah untuk mempraktikkan posisi duduk yang benar saat bekerja, agar Anda bisa tetap fokus dan terhindar dari pegal-pegal maupun kelelahan. Jangan lupa juga imbangi dengan asupan cairan yang cukup, konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta istirahat yang memadai.

Apabila Anda punya keluhan atau pertanyaan mengenai postur duduk yang baik, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter menggunakan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB)

0 Komentar

Belum ada komentar