Sukses

Jangan Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Kita cenderung membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud atau benda lainnya. Tapi sebenarnya ini tidaklah aman bahkan membahayakan untuk telinga Anda.

Kotoran telinga atau serumen adalah zat yang secara alami terdapat di dalam telinga yang membantu melindungi liang telinga. Kebanyakan dari kita sering kali merasa terganggu dengan adanya kotoran telinga yang menumpuk tersebut.

Ujung-ujungnya, benda apa pun yang ada di dekat Anda digunakan untuk membersihkan telinga. Mulai dari cotton bud, jepit rambut, pinset, pulpen, sedotan, dan benda lainnya.

Apakah itu kotoran telinga?

Telinga memiliki sel-sel yang berfungsi untuk memproduksi kotoran telinga. Pada beberapa orang, kotoran telinga tersebut menumpuk lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya. Kotoran telinga yang menumpuk ini dapat menimbulkan berbagai gejala seperti penurunan fungsi pendengaran, nyeri, hingga kerusakan liang telinga.

Ketimbang pergi ke dokter untuk membersihkan kotoran telinga, Anda pun pasti cenderung akan membersihkan sendiri dengan cotton bud atau benda lainnya.

Apakah boleh membersihkan telinga dengan benda asing seperti cotton bud?

Gendang telinga merupakan selaput membran yang tipis dan sensitif. Sehingga dengan tekanan sedikit saja, misalnya dengan cotton bud atau benda asing lainnya, dapat pecah dengan mudah. 

Gendang telinga yang pecah dapat menimbulkan gejala yang tidak nyaman seperti nyeri, keluar cairan dari telinga, atau penurunan fungsi pendengaran.

Perlukah kita membersihkan telinga?

Jawabannya antara ya dan tidak. Anda dapat membersihkan telinga bagian luar dengan handuk atau lap basah yang diberi sedikit sabun. Sedangkan liang telinga tidak perlu Anda bersihkan sendiri. Kulit yang menyelubungi liang telinga berbentuk spiral dan mengarah ke luar, sehingga kotoran telinga dapat keluar dengan sendirinya tanpa perlu Anda bersihkan.

Jangan pernah memasukkan suatu benda termasuk jari Anda ke dalam liang telinga, karena justru dapat mendorong kotoran telinga masuk ke dalam dan merusak gendang telinga. Namun jika kotoran telinga Anda sudah menumpuk, Anda perlu berkunjung ke dokter untuk dibersihkan dengan alat khusus. Proses pembersihannya tidak nyeri dan sangat efektif untuk mengeluarkan kotoran telinga.

0 Komentar

Belum ada komentar