Sukses

Pemeriksaan USG 3D dan 4D: Perlukah?

Pemeriksaan USG 3D dan 4D memang sedang menjadi pembicaraan hangat oleh para ibu hamil belakangan ini. Sebenarnya, perlukah pemeriksaan USG 3D dan 4D ini dilakukan? Berikut ulasannya.

Pemeriksaan USG 3D dan 4D mungkin sering kita dengar belakangan ini. Sebenarnya, apa kegunaan pemeriksaan USG 3D atau 4D ini?

Pemeriksaan USG 3D atau 4D sebenarnya adalah pemeriksaan yang serupa dengan pemeriksaan USG standar, yakni USG 2D, pada kehamilan yang menggunakan gelombang suara untuk menciptakan gambaran bayi di dalam rahim calon Ibu.

Perbedaannya adalah pada USG 3D dapat menghasilkan gambar 3 dimensi dari bayi di dalam rahim, sedangkan USG 4D dapat menghasilkan gambar dalam bentuk video. Dengan USG 4D, Anda dapat melihat bayi di dalam rahim sedang tersenyum atau menguap.

Pemeriksaan ini sebenarnya bukan merupakan pemeriksaan prenatal standar. Para orang tua biasanya menginginkan pemeriksaan ini untuk dapat melihat wajah bayi mereka untuk pertama kalinya ketika masih ada di dalam kandungan. Sedangkan bagi para dokter, pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk memastikan terjadinya cacat pada bayi, misalnya bibir sumbing, yang tidak dapat terlihat pada pemeriksaan USG standar.

Penelitian menunjukkan bahwa jenis pemeriksaan ini aman untuk dilakukan. Namun, pemeriksaan ini harus dilakukan oleh dokter yang kompeten dan dilakukan di institusi kesehatan yang jelas, bukan di tempat-tempat komersial yang tidak memiliki standar prosedur kesehatan yang benar. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan karena menyangkut keamanan alat dan juga prosedur yang dilakukan. Selain itu, American Congress of Obstetricians and Gynecologists juga memperingatkan bahwa melakukan terlalu banyak prosedur USG dapat berpengaruh kurang baik pada bayi yang ada di dalam kandungan.

Prosedur pemeriksaan USG 3D atau 4D sama dengan pemeriksaan USG standar, yaitu dengan meletakkan dan menggerakkan probe pada perut Ibu hamil.

Apabila Anda, para ibu hamil,  merasa perlu untuk melakukan pemeriksaan USG 3D atau 4D ini, konsultasikan dan diskusikanlah dengan dokter Anda agar dokter dapat menyesuaikan pelaksanaan pemeriksaan USG 3D atau 4D ini dengan kondisi Anda dan kondisi bayi di dalam kandungan Anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar