Sukses

Resolusi Tahun Baru: 10 Cara Menurunkan Berat Badan

Tahun yang baru, diri Anda yang baru. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, ikuti 10 langkah praktisi menurunkan berat badan dari dr. Nadia Octavia di sini.

KlikDokter.com – Salah satu resolusi tahun baru terpopuler adalah mendapatkan berat badan ideal. Namun, seringkali tekad resolusi tahun baru kandas tidak terealisasi. Tidak akan terjadi demikian jika Anda tertib dan disiplin melaksanakan 10 kiat menurunkan berat badan berikut ini:

1. Makan Teratur

Hindari melewatkan jam makan. Makan dengan teratur dapat memberikan Anda energi yang dibutuhkan untuk menjalani hari. Jika Anda sering dengan sengaja melewatkan waktu makan, malah justru akan membuat Anda menjadi sering mengemil dan makan dalam porsi tidak terkontrol.

2. Batasi Camilan

Camilan seperti gorengan atau yang manis-manis seperti misalnya kue dan roti, walaupun terlihat ringan dan tidak mengenyangkan namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat memberikan tambahan kalori pada diet Anda. Jika Anda memang lapar dan ingin mengemil, pilihlah makanan yang rendah kalori seperti buah potong segar atau yoghurt rendah lemak.

3. Kurangi Lemak

Membatasi asupan lemak merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Pilihlah makanan yang diproses dengan minimal minyak atau lemak seperti: rebusan, bakar, panggang atau dikukus. Hindari makanan yang terlalu berminyak dan digoreng dengan minyak banyak. Makanan yang bersantan juga tinggi akan lemak.

4. Kurangi Gula

Gula memang memberikan energi namun mengandung nutrisi yang sedikit. Untuk menurunkan berat badan, batasi permen, kue atau dessert yang mengandung banyak gula. Anda juga perlu memperhatikan minuman yang Anda konsumsi. Pilihlah air putih dibandingkan minuman dengan pemanis atau jus. Jika ingin minum jus, pilihlah yang dari buah asli bukan yang konsentrat.

5. Makan dalam Porsi Kecil

Meskipun Anda makan makanan yang sehat, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih tetap dapat menambah kalori dan meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, makanlah selalu dalam porsi yang kecil dan cukup. Selain itu hindari juga makan berlebih untuk mengatasi stress emosional Anda. Ketahuilah dan tangani penyebab stress Anda. Dengan makan berlebih sebagai pelarian stress Anda justru malah akan mendatangkan masalah baru bagi Anda seperti obesitas.

6. Olahraga Teratur

Untuk menjaga kesehatan, olahraga dianjurkan dilakukan 150 menit/minggu dalam intensitas sedang, yang setara dengan 30 menit, 5x per pekan. Namun jika tujuannya adalah menurunkan berat badan, tingkatkan menjadi 250-300 menit per pekan.

  • Tetapkan tujuan Anda namun tetaplah realistis dan jangan terlalu memforsir diri Anda.
  • Untuk mengetahui apakah olahraga Anda masih berada dalam intensitas sedang, lakukan "talk test". Ketika berolahraga, Anda harus masih bisa berbicara namun tidak dapat bernyanyi.
  • Untuk menurunkan berat badan dengan efektif, tingkatkan aktivitas fisik Anda setiap hari. Seperti misalnya pilihlah naik tangga dibandingkan naik lift atau parkir kendaraan Anda agak jauh supaya Anda berjalan kaki.

7. Tidur Cukup 8 Jam Sehari

Terdapat beberapa faktor penyebab lain yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan seperti misalnya stres dan kurang tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan Anda makan tidak teratur dan mengemil. Selain itu tidur 7-8 jam sehari juga dapat membantu menurunkan berat badan melalui pengaturan hormon yang mengontrol nafsu makan.

8. Hindari Cara Diet yang Tidak Sehat

Salah satu alasan mengapa banyak orang sulit menurunkan berat badan adalah karena orang seringkali memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan instan namun tidak realistis. Ketahuilah, cara-cara yang sering ditempuh dengan instan misalnya hanya akan menyebabkan berat badan Anda naik turun tidak menentu dan target gagal tercapai. 

0 Komentar

Belum ada komentar