Sukses

Makanan Sehat yang Ternyata Berbahaya bagi Tubuh

Tahukah Anda, bahwa makanan yang selama ini Anda pikir sehat ternyata bisa berbahaya bagi tubuh?

Makan sehat jadi tren di media sosial beberapa tahun belakangan ini. Banyak orang berlomba-lomba mengonsumsi makanan sehat demi mendapatkan tubuh yang bugar dan kuat.

Namun, bagaimana jika makanan yang dianggap sehat tersebut ternyata dapat memberikan efek negatif bagi tubuh?

Belum lagi, makanan sehat tersebut justru menyimpan bahaya bagi orang dengan riwayat penyakit tertentu. Mari ketahui apa saja makanan sehat yang sebetulnya berbahaya lewat ulasan berikut ini.

1 dari 7 halaman

1. Protein Bar

Banyak orang memilih protein bar sebagai alternatif camilan yang sehat dan rendah kalori. Tetapi, ahli gizi mengatakan bahwa ada protein bar yang hanya berupa “balok permen”, lalu ditambahkan dengan vitamin dan protein.

Artinya, protein bar tersebut justru mengandung kalori, lemak, dan karbohidrat yang tidak jauh berbeda dengan kue brownies cokelat.

2. Buah Kering

Hindari mengonsumsi buah kering dalam jumlah banyak layaknya makan kacang goreng. Apabila makan buah kering dalam jumlah banyak, itu sama saja menambahkan 100 ekstra kalori tiap ¼ porsinya.

Dibandingkan dengan buah kering, ahli gizi menyarankan agar Anda mengonsumsi buah segar atau buah yang telah dibekukan.

Artikel Lainnya: Makanan untuk Menjaga Tulang Kuat

2 dari 7 halaman

3. Yoghurt

Yoghurt memang kaya akan protein, kalsium, dan vitamin D. Namun, merek tertentu memiliki kandungan gula dan lemak yang tidak kalah dengan donat.

Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah yoghurt rendah lemak dan tanpa rasa (plain) sebagai makanan sehat Anda.

4. Selai Kacang Rendah Lemak

Kandungan lemak yang dikurangi dari selai tersebut akan diganti oleh gula. Dengan demikian, kalori yang terkandung dalam selai kacang rendah lemak akan sama saja dengan selai kacang aslinya.

Selai kacang dengan kandungan lemak yang normal pun akan membuat Anda lebih kenyang, sehingga hanya membutuhkan jumlah yang lebih sedikit untuk dikonsumsi.

3 dari 7 halaman

5. Bumbu Salad Bebas Lemak

Bumbu salad ini terlihat sehat dengan label “bebas lemak” di kemasannya. Padahal, bumbu tersebut sebenarnya mengandung tinggi garam yang kurang baik bagi tekanan darah Anda.

Nyatanya, dua sendok makan bumbu salad ini saja sudah mengandung 500 mg garam,  atau setara dengan ⅓ takaran dari total garam yang boleh Anda konsumsi dalam sehari.

Artikel Lainnya: 11 Cara Tepat untuk Memulai Pola Makan Sehat

6. Sushi

Sushi memang terlihat berukuran kecil, tapi bisa mengandung bahan-bahan yang dapat membuat ukuran pinggang Anda melebar!

Jika Anda ingin sehat dengan mengonsumsi sushi, hindari isian yang digoreng, seperti tempura dan remah-remah gorengan (crunch), serta bahan berlemak seperti keju krim dan mayones.

4 dari 7 halaman

7. Salad

Salad memang tergolong ke dalam makanan sehat karena terbuat dari sayur dan buah tinggi serat. Tak heran, banyak masyarakat menganggap salad sangat baik untuk kesehatan.

Namun, jangan lupa perhatikan bahan pendamping salad yang biasa kita konsumsi. Tidak jarang kita memilih dressing salad yang tinggi lemak. Bukannya sehat yang didapat, namun justru bisa meningkatkan risiko mengalami kolesterol tinggi.

Artikel Lainnya: 11 Makanan Sehat dan Bergizi yang Disukai Anak

8. Jus Buah

Buah pastinya memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh. Selain tinggi serat, buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi.

Ketika buah diolah dengan cara dihaluskan atau dijus, biasanya serat dalam buah sudah hancur dan manfaatnya untuk pencernaan jadi menurun.

Selain itu, kandungan gula di dalam jus jadi lebih tinggi dibandingkan dengan konsumsi buah secara langsung. Terlebih, jika Anda suka mengonsumsinya dengan tambahan gula cair atau menggunakan susu kental manis.

5 dari 7 halaman

9. Sports Drinks

Minuman jenis ini seringkali direkomendasikan untuk dikonsumsi usai berolahraga. Minuman ini disebut-sebut dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan mengisi kembali cairan elektrolit yang hilang.

Jangan terkecoh, sebab belum tentu semua orang membutuhkan asupan tambahan dari minuman tersebut.

Selain tinggi garam (elektrolit), biasanya minuman kemasan ini juga mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi.

10. Minyak Nabati

Kini kita mudah untuk membeli minyak nabati atau minyak sayur yang dilabeli lebih aman untuk tubuh.

Minyak tersebut juga diklaim memiliki risiko yang lebih rendah untuk menimbulkan berbagai komplikasi seperti gangguan jantung dan pembuluh darah.

Sekali lagi diingatkan, jangan mudah "terlena" dengan klaim sehat sehingga Anda menggunakannya secara berlebihan. Penggunaan minyak nabati secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Artikel Lainnya: 7 Makanan Bernutrisi yang Bikin Kulit Sehat

6 dari 7 halaman

11. Sereal

Sereal umumnya dikonsumsi sebagai sarapan atau sebelum memulai aktivitas. Tidak hanya dikonsumsi oleh anak-anak, remaja hingga dewasa juga banyak yang memilih sereal sebagai makanan untuk sarapan.

Sebaiknya tetap diperhatikan kembali kandungan nutrisi di dalam sereal yang Anda konsumsi. Terlebih, sereal umumnya mengandung tinggi gula dan zat lain yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

Bisa jadi berbagai jenis makanan dan minuman di atas memang tergolong sehat. Tetapi jika konsumsinya berlebihan, justru dapat membahayakan tubuh.

Oleh karena itu, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang dan sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Untuk tahu informasi atau tip sehat lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Mau konsultasi langsung dengan dokter? Gunakan fitur Live Chat 24 Jam!

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar