Sukses

Makanan Sehat yang Ternyata Berbahaya bagi Tubuh

Tahukah Anda, bahwa makanan yang selama ini Anda pikir sehat ternyata bisa berbahaya bagi tubuh?

KlikDokter.com - Dengan maraknya tren makanan sehat dewasa ini, banyak orang berlomba-lomba untuk mengonsumsi makanan yang dianggap sehat demi tubuh yang bugar dan kuat. Namun, bagaimana jika makanan yang dianggap sehat tersebut ternyata dapat memberikan efek negatif bagi tubuh?

Protein bar

Banyak orang memilih protein bar sebagai alternatif cemilan yang sehat dan rendah kalori. Namun ahli gizi mengatakan bahwa ada protein bar yang ternyata hanya merupakan “balok permen” yang ditambahkan vitamin dan protein. Hal ini dapat berarti protein bar tersebut justru mengandung kalori, lemak, dan karbohidrat yang tidak jauh berbeda dengan kue brownies cokelat.

Buah kering

Hindari mengonsumsi buah kering dalam jumlah yang besar layaknya makan kacang goreng, karena itu berarti menambahkan 100 ekstra kalori tiap ¼ porsinya. Dibandingkan dengan buah kering, ahli gizi menyarankan agar Anda mengonsumsi buah segar atau buah yang telah dibekukan.

Yoghurt

Yoghurt memang kaya akan protein, kalsium, dan vitamin D. Namun, merek tertentu memiliki kandungan gula dan lemak yang tidak kalah dengan donat. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah yoghurt rendah lemak dan tanpa rasa sebagai makanan sehat Anda.

Selai kacang rendah lemak

Kandungan lemak yang dikurangi dari selai tersebut akan diganti oleh gula. Dengan demikian, kalori yang terkandung dalam selai kacang rendah lemak akan sama saja dengan selai kacang aslinya. Selai kacang dengan kandungan lemak yang normal pun akan membuat Anda lebih kenyang, sehingga hanya membutuhkan jumlah yang lebih sedikit untuk dikonsumsi.

Bumbu salad bebas lemak

Bumbu salad ini terlihat sehat dengan label “bebas lemak”-nya, namun sebenarnya mengandung tinggi garam yang kurang baik bagi tekanan darah Anda. Dua sendok makan bumbu salad ini mengandung 500 mg garam, setara dengan sepertiga total garam yang boleh Anda konsumsi dalam sehari.

Sushi

Sushi memang terlihat berukuran kecil, namun bisa mengandung bahan-bahan yang dapat membuat ukuran pinggang Anda melebar. Jika Anda ingin sehat dengan mengonsumsi sushi, hindari isian yang digoreng seperti tempura dan remah-remah gorengan (crunch), serta bahan berlemak seperti keju krim dan mayones.

0 Komentar

Belum ada komentar