Sukses

Cara Mencegah Penuaan Dini Otak Anda

Muda sudah pikun? Anda sudah mulai mudah lupa? Berikut ini adalah kiat mencegah penuaan dini untuk otak Anda.

Amway Nutrilite

KlikDokter.com – Mungkin Anda sering lupa dimana menaruh kacamata atau kunci mobil? Masih muda, tapi sudah mulai pikun. Sejalah dengan usia, otak mengalami penurunan fungsi daya ingatnya. Penurunan fungsi ini mulai terjadi saat usia Anda masih sangat muda, 30 tahun. Ini adalah termasuk kondisi penuaan dini.

Berbagai pendapat awalnya menyatakan bahwa penurunan daya ingat seseorang adalah hal yang natural dan tidak dapat dihindari. Namun ternyata Anda dapat melatih otak Anda untuk tetap awet muda dan tercegah dari penuaan dini. Bagaimana caranya?

  1. Olahraga

Olahraga ternyata berperan penting untuk menjaga daya ingat kita. Olahraga 30 menit tiap hari bukan hanya baik untuk tubuh, namun juga untuk otak. Olahraga dapat membantu mencegah penyakit yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat atau pikun, seperti :

  • Darah tinggi
  • Diabetes
  • Kolesterol
  • Kegemukan
  • Stroke

Beberapa studi juga menunjukan bahwa olahraga dapat membantu mencegah penuaan dini pada otak dengan mencetuskan pelepasan protein BDNF, protein yang menunjang kehidupan sel saraf di otak.

  1. Diet ala Mediterania

Berikan porsi yang lebih besar untuk buah, sayur, ikan, dan minyak zaitun pada menu makanan Anda. Jenis makanan tersebut dapat menurunkan risiko penurunan daya ingat atau pikun hingga 20%.

  1. Latih Otak Anda

Lakukan permainan atau aktivitas yang dapat mengasah daya piker Anda seperti bermain kartu, mengikuti komunitas buku tertentu, atau berdiskusi dengan rekan Anda seputar score sepak bola. Saat ini juga terdapat banyak aplikasi yang dapat melatih daya ingat otak Anda sehingga dapat tercegah dari penuaan dini pada otak.

  1. Sosialisasi

Semakin seseorang baik dalam bersosialisasi ternyata semakin baik juga daya ingatnya. Jadi seringlah berkomunikasi dengan sebanyak –banyaknya relasi Anda. Orang yang dikucilkan dalam kehidupannya akan memiliki kecenderungan untuk menjadi depresi. Depresi sendiri dapat mengakibatkan demensia  dan menyebabkan penuaan dini otak.

  1. Tidur Cukup

Tidak dapat disangkal bahwa atensi dan konsentrasi akan menurun bila Anda kurang tidur. Berikut tips agar Anda mendapatkan tidur yang berkualitas :

  • HIndari makan besar sebelum tidur
  • Tidur di jam yang sama setiap malam dan bangun di jam yang sama setiap pagi
  • Jangan minum kafein mendekati jam tidur
  • Hindari rokok
  1. Hindari Stres

Kodisi stres dapat memicu hormon stres, yaitu kortisol, yang akan membuat sulit Anda mengingat dan mencetuskan penuaan dini pada otak.

  1. Berhenti Merokok

Merokok dapat mempercepat penurunan daya ingat, bahkan melebihi usia Anda. Dampak penurunan daya ingat yang diakibatkan rokok kemungkinan karena terjadinya stroke kecil di otak akibat rokok.

  1. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Penyakit tertentu seperti tiroid, diabetes, depresi, atau defisiensi vitamin A dapat memicu penurunan daya ingat dan penuaan dini pada otak.

  1. “Memory Tricks”

Apabila Anda termasuk orang yang sulit mengingat, lakukan memory tricks yang dapat membantu Anda mengingat hal-hal baru. Misalnya saat Anda mengingat kosakata baru, Anda dapat menyebutkannya dengan suara keras agar dapat tertanam di otak. Atau misalnya Anda menghapal beberapa jenis sayur yang akan Anda beli di pasar, imajinasikan bentuk sayur-sayuran tersebut seolah-olah Anda benar-benar sedang menatapnya.

0 Komentar

Belum ada komentar