Sukses

3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan

Anda mengalami kesulitan menurunkan berat badan? Mungkin Anda melewati salah satu dari 3 prinsip menurunkan berat badan berikut ini. Simak penjelasan dr. Alvin Nursalim berikut.

KlikDokter.com - Berat badan yang ideal bukan hanya memberikan postur tubuh yang menarik dilihat, namun juga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun banyak orang tidak mengetahui berapa sebenarnya berat badan ideal mereka.

Terkadang pada sebagian orang hanya berpatokan dengan angka yang tinggi atau tidak menariknya badan di kaca, lalu di vonis tidak ideal, padahal ada beberapa cara untuk mengetahui fakta yang sebenarnya. Maka dari itu untuk menurunkan berat badan tidak hanya cukup dengan membatasi makanan saja namun ada beberapa prinsip yang harus Anda penuhi.

Adapun prinsip-prinsip tersebut harus selalu dijaga agar mendapatkan badan yang ideal sehingga menjauhkan diri kita dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang. berikut prinsip-prinsip sederhana dalam menurunkan berat badan:

 

1 dari 4 halaman

Target Berat Badan Dihitung dengan Benar

Prinsip paling pertama adalah Anda harus mengetahui dahulu target berat badan ideal yang ingin Anda capai. Mari kita cari tahu cara menghitung berat badan ideal dan cara mencapai berat badan ideal. Bagaimana mengetahui berat badan ideal?

Berat badan ideal dapat dihitung dengan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT didapat dengan menggunakan rumus kuadrat dari berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter.

Misalkan berat badan Anda 70 kg dan tinggi badan 1,7 meter maka IMT Anda adalah 70 kg/ (1,7 m)2, yaitu 24,2 kg/m2.

IMT yang ideal untuk orang Indonesia adalah 18,5-22,9, untuk IMT dibawah 18,5 berarti berat badan kurang, sedangkan IMT lebih dari 23 maka Anda mengalami obesitas. Atau untuk lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan tools Indeks Massa Tubuh Klikdokter.

Artikel Lainnya: 8 Trik Menurunkan Berat Badan Paling Tepat

2 dari 4 halaman

Ketahui Bahaya Berat Badan Berlebih

Prinsip kedua adalah Anda harus mengetahui dan mencamkan baik-baik bahaya dari kondisi obesitas atau kegemukan. Dengan demikian diharapkan Anda dapat menumbuhkan kesadaran diri mengenai pola hidup sehat untuk meraih gol berat badan ideal.

Apa sajakah bahaya kegemukan? Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

Berat badan berlebihan bisa dikatakan sebuah penyakit sendiri. Derajat kegemukan berhubungan dengan peningkatan risiko kejadian penyakit jantung koroner.

Berbagai faktor risiko tersebut diantaranya adalah:

  • Tekanan darah tinggi
  • dislipidemia
  • Diabetes mellitus tipe 2
  • Sindrom metabolik

Jika ada terjadi secara bersamaan, berbagai faktor ini meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Artikel Lainnya: Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan

3 dari 4 halaman

Cara yang Tepat dan Benar dari Ahlinya

Lalu prinsip ketiga adalah mengetahui cara yang tepat dan benar menurunkan berat badan yang sesuai dengan kaidah medis. Bagaimana cara untuk menurunkan berat badan?

Terdapat dua cara awal untuk menurunkan berat badan, yaitu dari pola makan dan olahraga.

Untuk memudahkan, ketahui beberapa butir prinsip diet yang baik dan benar berikut ini:

  • Prinsip sederhana dari menurunkan berat badan adalah harus terdapat defisit kalori antara kalori yang masuk dan keluar. Jadi, secara sederhana bisa dipahami dengan: jumlah makan yang dimakan harus lebih sedikit dari jumlah kegiatan aktivitas fisik.

  • Total lemak yang diberikan harus kurang dari 30% kebutuhan kalori.

  • Karbohidrat mencakup 55-65% dari kebutuhan energi total, sedangkan protein sekitar 15% dari kalori total. 

  • Konsumsi buah segar dan sayuran juga harus ditingkatkan.

  • Peningkatan aktivitas fisik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program penurunan berat badan. Aktivitas fisik harus dimulai secara bertahap dan intensitasnya ditingkatkan secara bertahap.

  • Pasien dapat memulai aktivitas fisik dengan berjalan 30 menit sebanyak 3 kali seminggu dan ditingkatkan menjadi 45 menit sebanyak 5 kali seminggu. Dengan peningkatan aktivitas seperti ini, diharapkan pengeluaran energi bertambah sebanyak 100-200 kalori per hari.

Nah demikianlah beberapa prinsip dalam menjaga berat badan agar selalu ideal, sehingga Anda terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya. Konsultasikan kesehatan Anda cukup dengan Install Aplikasi KlikDokter, Anda dapat berkonsultasi dengan dokternya langsung.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar