Sukses

Manfaat Semangka yang Perlu Anda Tahu

Tidak hanya menyegarkan, buah semangka juga menyimpan ragam vitamin yang menyehatkan tubuh. Lantas, apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan? Cek di sini.

Semangka adalah salah satu buah yang sering dijadikan pilihan sebagai camilan ketika musim panas. Hal ini tidak mengherankan, mengingat buah tersebut mengandung banyak cairan dan vitamin.

Tak hanya itu, semangka juga rendah kalori dan memiliki nutrisi yang tinggi, lho! Faktanya, dalam satu gelas semangka terkandung 46 kalori. Buah ini menyediakan 20% vitamin C dan 17% vitamin A. 

Melihat kandungan tersebut, manfaat buah semangka untuk kesehatan tentu sangat beragam. Apa saja? Berikut ini beberapa manfaat semangka untuk kesehatan tubuh Anda:

Artikel Lainnya: Jangan Dibuang, Ini Manfaat Makan Biji Semangka Bagi Kesehatan

1 dari 16 halaman

1. Membantu Hidrasi Tubuh

Minum air putih bisa membantu tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Tak hanya dari air putih, mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi juga dapat membantu menjaga hidrasi tubuh.

Semangka terdiri atas 92% air. Karenanya, buah ini bisa membuat tubuh terhindar dan menurunkan risiko dehidrasi. Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

2 dari 16 halaman

2. Mengandung Banyak Nutrisi Bermanfaat

Manfaat semangka untuk kesehatan tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Sejauh ini, semangka terbilang sebagai salah satu buah yang rendah kalori. Buah ini hanya mengandung 46 kalori setiap 154 gram.

Setiap porsi semangka tersebut juga menyimpan banyak nutrisi lain, seperti vitamin C, A, B1, B5, B6, dan magnesium. Semangka juga kaya akan karotenoid, termasuk likopen, dan beta-karoten.

3 dari 16 halaman

3. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa likopen, zat yang terdapat dalam semangka, berhubungan dengan risiko kanker prostat lebih rendah.

Hal itu karena semangka tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin ini dapat menurunkan risiko kanker dengan melawan radikal bebas. 

Tak hanya itu, cucurbitacin E dalam semangka dinilai bisa menghambat pertumbuhan tumor.

4 dari 16 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian menyebut bahwa likopen dalam semangka mampu membantu menurunkan kolesterol.

Semangka juga menyimpan citrulline di dalamnya, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

Vitamin A, C, dan magnesium dalam semangka juga disebut dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda.

5 dari 16 halaman

5. Mencegah Degenerasi Makula pada Mata

Manfaat semangka lainnya adalah mencegah degenerasi makula pada mata. Khasiat yang satu ini diperoleh dari likopen yang berlimpah pada buah semangka.

Menurut penelitian, likopen terbukti dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia atau AMD. 

AMD sendiri adalah gangguan pada mata yang bisa memicu kebutaan pada lansia.

Artikel Lainnya: Semangka untuk Jerawat, Bikin Sembuh atau Tambah Banyak?

6 dari 16 halaman

6. Meringankan Nyeri Otot

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengatakan bahwa jus semangka dapat mengurangi nyeri otot yang biasa terjadi setelah berolahraga.

Manfaat semangka yang satu ini ternyata diperoleh dari kandungan citrulline di dalam buah tersebut.

7 dari 16 halaman

7. Baik untuk Kulit dan Rambut

Vitamin A dan C di dalam semangka menjadikan manfaat semangka baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin A yang memadai membuat kulit tampak terhidrasi dan sehat. Sementara itu, vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, yaitu protein yang bertanggung jawab untuk kulit kenyal dan rambut kuat.

8 dari 16 halaman

8. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Manfaat semangka untuk kesehatan pencernaan diperoleh dari kandungan air yang melimpah serta serat pada buah ini. Keduanya sangat vital untuk kesehatan pencernaan. 

Karena itu, mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya air dan serat, termasuk semangka, dapat membantu melancarkan buang air besar.

9 dari 16 halaman

9. Menurunkan Peradangan dalam Tubuh

Peradangan merupakan penyebab dari beragam penyakit kronis. Nah, manfaat semangka dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh. Ini karena buah tersebut tinggi akan zat antioksidan.

Kombinasi antioksidan, yaitu likopen dan vitamin C dalam semangka berperan penting dalam mencegah stres oksidatif dan menurunkan peradangan.

10 dari 16 halaman

10. Menjaga Kesehatan Otak dan Sistem Saraf

Manfaat semangka yang tak kalah penting adalah dapat menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. 

Adalah kandungan kolin dalam semangka yang dipercaya berkontribusi dalam manfaat yang satu ini. 

Ada pula dugaan yang menyebut bahwa kolin dapat membantu memperlambat perkembangan demensia pada penderita penyakit Alzheimer.

Artikel Lainnya: Manfaat Daging Putih Semangka yang Sayang untuk Dilewatkan

11 dari 16 halaman

11. Bisa Bersifat sebagai Diuretik

Penderita penyakit ginjal atau tekanan darah tinggi (hipertensi) menggunakan obat diuretik untuk membantu menghilangkan kelebihan air maupun garam dari dalam tubuh.

Efek obat diuretik tersebut konon juga bisa dirasakan dengan mengonsumsi semangka. 

12 dari 16 halaman

12. Membantu Menyeimbangkan Gula Darah

Buah berair ini juga dapat membantu ginjal mengubah L-sitrulin (asam amino) menjadi L-arginin (asam amino). Diketahui bahwa kedua asam amino tersebut penting dalam mengatur metabolisme glukosa dan insulin oleh tubuh.

Selain itu, semangka juga rendah karbohidrat sehingga menyantapnya tidak akan meningkatkan kadar gula secara signifikan.

13 dari 16 halaman

13. Mengurangi Keparahan Asma

Beberapa anggapan menyebut, radikal bebas berkontribusi pada perkembangan asma. Nah, antioksidan seperti vitamin C diharapkan dapat mengurangi risiko kambuhnya penyakit tersebut.

Seperti diketahui, semangka memiliki sekitar 40% kandungan vitamin C yang mungkin bisa berguna untuk penderita asma.

14 dari 16 halaman

14. Membantu Menurunkan Berat Badan

Semangka dapat membantu mendukung keinginan Anda untuk memiliki berat badan ideal, khususnya jika dikonsumsi sebagai pengganti camilan manis olahan.

Sebuah penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa semangka memberikan rasa kenyang lebih lama daripada kue. Rasa kenyang yang dihasilkan semangka bisa mencapai 90 menit.

Manfaat buah semangka yang satu ini tentunya baik bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

15 dari 16 halaman

15. Menjaga Kesehatan Gigi

Mengonsumsi satu cangkir semangka setiap hari disebut dapat mengurangi risiko terkena penyakit periodontal. Penyakit ini ditandai dengan kehilangan gigi, infeksi, dan dikaitkan dengan diabetes maupun penyakit jantung.

Zat utama yang mengurangi efek buruk penyakit periodontal adalah vitamin C. Jadi, yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan semangka ke dalam menu makanan sehari-hari.

Demikian beberapa manfaat semangka untuk kesehatan yang sayang jika Anda lewatkan. Jadi, sudahkah Anda mengonsumsi semangka hari ini? Tetap batasi porsinya agar tidak berlebihan, ya!

Bila memiliki pertanyaan seputar kondisi kesehatan, Anda bisa chatting langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar