Sukses

Manfaat Semangka yang Perlu Anda Tahu

Tak sekadar manis, semangka menyimpan manfaat untuk menjaga kesehatan Anda, lho.

Ketika siang hari suasana di sekitar Anda terasa panas, mengonsumsi buah semangka terkadang dapat menjadi solusi kesegaran tubuh yang tepat. Tak hanya membuat segar, buah semangka juga memiliki nutrisi yang tinggi, lho!

Dalam satu gelas semangka yang berisi 46 kalori, semangka menyediakan 20% vitamin C dan 17% vitamin A. Melihat kandungan tersebut, manfaat buah semangka untuk kesehatan tidak bisa Anda lewatkan.

Berikut ini beberapa manfaat semangka untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1 dari 6 halaman

1. Membantu Hidrasi Tubuh

Minum air putih bisa membantu tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Tak hanya air putih, mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi juga dapat membantu.

Semangka terdiri atas 92% air. Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Artikel Lainnya: Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

2. Mengandung Banyak Nutrisi yang Bermanfaat

Manfaat semangka untuk kesehatan tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Sejauh ini, semangka terbilang sebagai salah satu buah yang rendah kalori, hanya 46 kalori setiap 154 gram.

Setiap porsi semangka tersebut juga menyimpan banyak nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin A, magnesium, vitamin B1, B5, dan B6. Semangka juga kaya akan karotenoid, termasuk likopen dan beta-karoten.

2 dari 6 halaman

3. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan likopen, zat yang terdapat dalam semangka, berhubungan dengan risiko terkena kanker prostat yang lebih rendah.

Ini karena semangka tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin C dapat mencegah kanker dengan melawan radikal bebas. Tak hanya itu, cucurbitacin E dalam semangka dinilai bisa menghambat pertumbuhan tumor.

Artikel Lainnya: Jangan Simpan Buah Semangka di Dalam Kulkas

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa likopen dalam semangka mampu membantu menurunkan kolesterol.

Semangka juga menyimpan citrulline di dalamnya, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Vitamin A, C, dan magnesium dalam semangka juga menjadikan manfaat semangka baik untuk jantung Anda.

3 dari 6 halaman

5. Mencegah Degenerasi Makula pada Mata

Manfaat semangka lainnya adalah mencegah degenerasi makula pada mata. Khasiat yang satu ini diperoleh dari likopen yang ditemukan berlimpah pada buah semangka.

Menurut penelitian, likopen terbukti dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia atau AMD. AMD sendiri adalah gangguan pada mata yang bisa memicu  kebutaan pada lansia.

Artikel Lainnya: Jangan Dibuang, Ini Manfaat Makan Biji Semangka Bagi Kesehatan

6. Meringankan Nyeri Otot

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengatakan bahwa jus semangka dapat mengurangi nyeri otot yang biasa terjadi setelah berolahraga.

Manfaat semangka yang satu ini ternyata diperoleh dari kandungan citrulline yang ada di dalam semangka.

4 dari 6 halaman

7. Baik untuk Kulit dan Rambut

Vitamin A dan C di dalam semangka menjadikan manfaat semangka baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Jika Anda kekurangan vitamin A, kulit bisa tampak kering dan tidak sehat. Sementara vitamin C membantu tubuh Anda memproduksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk kulit kenyal dan rambut kuat.

Artikel Lainnya: Semangka untuk Jerawat, Bikin Sembuh atau Tambah Banyak?

8. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Manfaat semangka untuk kesehatan pencernaan diperoleh dari kandungan air yang melimpah serta serat yang cukup pada buah ini.

Keduanya sangat vital untuk kesehatan pencernaan. Karena itu, makan buah dan sayuran yang kaya air dan kaya serat, termasuk semangka, dapat membantu buang air besar lebih lancar.

5 dari 6 halaman

9. Menurunkan Peradangan dalam Tubuh

Peradangan merupakan penyebab dari beragam penyakit kronis. Nah, manfaat semangka dapat membantu menurunkan terjadinya peradangan dalam tubuh. Ini karena semangka tinggi akan zat antioksidan.

Antioksidan inilah yang membuat likopen sangat penting bagi kesehatan otak. Contohnya, senyawa ini dapat membantu menghambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Demikian beberapa manfaat semangka untuk kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan. Kini Anda sudah tahu bahwa semangka merupakan buah yang sehat karena kandungan air yang tinggi dan banyak nutrisi dan antioksidan penting di dalamnya.

Informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan bisa Anda dapatkan hanya di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda lewat fitur Live Chat. Gratis!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar