Sukses

Waspadai Alergi Jika Anak Pilek Terus-terusan

Si Kecil tak henti-hentinya pilek. Belum lama sembuh dari pilek yang lalu, kini gejala pilek muncul kembali. Jika demikian, maka sudah saatnya Anda mewaspadai kemungkinan alergi pada Si Kecil.

BATUK, WOODS, OBAT

KlikDokter.com - Gejala hidung tersumbat, pilek, suara bindeng pada anak seringkali membuat anak tampak mengkhawatirkan. Anda berharap dapat segera mengurangi gejalanya, namun Anda tidak yakin apa penyebabnya. Apakah anak terkena flu atau alergi?

Jika si kecil pilek berulang bisa jadi ia sebenarnya mengalami alergi. Gejala pilek karena alergi dan flu memang tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah perbedaannya:

  • Flu/ Infeksi saluran napas atas

Penyebab terseringnya adalah infeksi virus dan umumnya disertai demam.  Selain flu, dapat juga muncul gejala batuk. Pada flu lendir biasanya berwarna kuning atau kehijauan.

  • Alergi

Gejala flu karena alergi biasanya berlangsung lebih lama, lebih dari 5 hari dan dapat terus berulang. Pilek karena alergi disebabkan oleh alergen yaitu benda yang dapat memicu alergi, seperti debu, asap, makanan, dan sebagainya. Pada alergi, lendir biasanya berwarna jernih dan encer.

  • Penyebab lain

Penyebab lain yang dapat menyebabkan keluhan pilek dan hidung tersumbat adalah hipertrofi adenoid, deviasi septum, dan sinusitis. Namun sinusitis biasanya terjadi pada anak yang lebih besar, biasanya anak usia > 7 tahun.

Alergi biasanya menurun dari keluarga. Jika orang tuanya memiliki riwayat alergi, kemungkinan besar anaknya juga akan mengalami alergi. Manifestasi alergi bisa muncul dalam beberapa gejala/penyakit, seperti dermatitis atopi (alergi kulit), asma, dan rhinitis alergi. Flu yang berulang yang disebabkan oleh alergi bisa disebabkan oleh rhinitis alergi.

Pengobatan flu tergantung dari penyebabnya, jika flu disebabkan oleh infeksi virus maka dapat diberikan obat untuk meredakan gejalanya. Jika flu disebabkan oleh alergi maka harus diberikan antihistamin. Untuk membuktikan apakah anak Anda menderita alergi atau tidak dapat dilakukan tes alergi. Segera konsultasikan dengan dokter jika si kecil mengalami flu berulang atau terus menerus agar dapat dilakukan evaluasi dan terapi yang sesuai.

0 Komentar

Belum ada komentar