Sukses

Bahaya Penyakit dari Kucing

Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kucing. Jika kita tidak hati-hati saat membersihkan kotoran kucing, bisa saja parasit ini masuk ke dalam tubuh kita dan menjadi sumber infeksi. Simak selengkapnya disini bersama dr. Adithia Kwee

KlikDokter.com - Dewasa ini, tidak hanya anjing yang sering dipelihara orang, kucing pun begitu digemari dengan segala tingkah lugunya.

Mereka yang menggemari kucing, biasanya tidak menyukai anjing, dan begitu juga sebaliknya.

Tidak ada yang salah dalam memelihara binatang, apapun itu jenisnya, tetapi ada hal-hal; yang harus kita ketahui supaya hewan peliharaan kita tidak merugikan kita, dengan menimbulkan penyakit misalnya.

Kucing yang Menggemaskan, Toksoplasma yang Mencemaskan

Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kucing. Jika kita tidak hati-hati saat membersihkan kotoran kucing, bisa saja parasit ini masuk ke dalam tubuh kita dan menjadi sumber infeksi. 

Apa saja gejala dari penyakit tersebut? Berikut paparannya:

1 dari 2 halaman

Bahaya Penyakit dari Kucing

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala, demam, dan nyeri pada otot, Anda perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter, mungkin saja Anda baru tertular.

Jika Anda memiliki sistem imun yang baik, Anda tidak perlu terlalu kuatir, tetapi lain halnya jika sistem imun Anda menurun, atau mungkin Anda sedang hamil, segeralah hubungi dokter, karena infeksi ini akan membahayakan janin di kandungan Anda. (Baca: Keguguran dan Toksoplasma

Untuk terhindar dari infeksi toksoplasmosis, ikutilah langkah-langkah berikut:

1.      Segeralah mencuci tangan setelah bersentuhan dengan kotoran kucing Anda

2.      Hindari makan daging yang belum matang, karena parasit toksoplasma juga dapat hidup di dalamnya.

3.      Hindarkan anak Anda melakukan kontak langsung dengan kotoran kucing

4.      Bagi Anda yang sedang hamil, jangan bersentuhan dengan kotoran kucing sama sekali.

Anda mungkin pernah mendengar tes TORCH (ToxoplasmaRubellaCytomegalovirus, dan Herpes virus) untuk para ibu hamil, tes ini ditujukan untuk menghindari bahaya infeksi yang dapat diturunkan pada janin, toksoplasma pun diujikan di dalamnya.  

Jadi, jika Anda penggemar kucing, pastikan Anda selalu menjaga higienitas dalam memelhara kucing kesayangan Anda.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar