Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi15 Manfaat Ikan Gabus yang Baik untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

15 Manfaat Ikan Gabus yang Baik untuk Kesehatan

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 28 Mar 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan dengan kandungan yang berkhasiat. Apa saja manfaat ikan gabus untuk kesehatan? Yuk, simak di sini.

15 Manfaat Ikan Gabus yang Baik untuk Kesehatan

Ikan gabus, atau disebut juga ikan kutuk, merupakan ikan air tawar yang mudah dijumpai di Indonesia. Rasanya lezat dan manfaatnya juga bagus untuk kesehatan tubuh.

Sudah lama ikan gabus diklaim bermanfaat untuk penyembuhan penyakit. Di Malaysia, ikan gabus atau iwak kutuk ini dipercaya dapat mengobati luka dan memulihkan cedera.

Bahkan, zat albumin di dalam ekstrak ikan gabus dianggap bisa mencegah peradangan pada pasien yang terinfeksi COVID-19

Mari simak apa saja manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang dapat kamu peroleh. 

1. Baik untuk Kesehatan Otot

Untuk membentuk otot, tubuh membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tidak jarang orang yang pergi ke gym untuk melatih otot juga mengonsumsi susu mengandung protein tinggi guna membantu pembentukan otot.

Asupan protein dapat ditingkatkan dengan konsumsi makanan tinggi protein, salah satunya ikan gabus.

Kandungan protein pada ikan gabus sangat tinggi dibanding jenis ikan lain yang sering dikonsumsi.

Sebanyak 100 gram ikan gabus dapat memberikan 25,2 gram protein. Itulah mengapa khasiat ikan gabus untuk membentuk otot tubuh tak bisa diremehkan.

Artikel Lainnya: Ekstrak Ikan Gabus Dapat Membantu Pasien Virus Corona, Benarkah?

2. Memelihara Keseimbangan Cairan Tubuh

Ikan gabus memiliki kandungan protein tinggi, terlebih kandungan albuminnya. Albumin berperan untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Kondisi orang yang mengalami kekurangan albumin adalah asites atau berlebihnya cairan di rongga perut, seperti pada pasien gangguan hati.

3. Menjaga Metabolisme Pencernaan

Daging ikan gabus memiliki struktur yang lebih mudah dicerna ketimbang sumber protein lain, seperti daging. Oleh karena itu, makan ikan gabus tidak akan memperberat proses pencernaan.

Ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging, yaitu sekitar 3-5 persen dari total kandungan protein kolagen.

4. Membantu Pembentukan Sel Darah Putih

Manfaat ikan kutuk atau ikan gabus untuk kesehatan juga terkait dengan pembentukan sel darah putih. 

Albumin di dalam ikan gabus dianggap baik untuk membantu pembentukan sel darah putih. Sel ini diketahui berkontribusi untuk imun tubuh.

5. Membantu Penyakit Diabetes

Tahukah kamu, ikan gabus juga memiliki khasiat untuk diabetes? Ini berkat kandungan albumin ikan gabus di dalamnya, sehingga ikan gabus dapat membantu pasien diabetes dengan pembengkakan.

6. Mencegah Osteoartritis

Penelitian membuktikan bahwa kandungan nutrisi pada ikan gabus dapat memperbaiki sel-sel saraf pada membran sinovial, sehingga mengurangi risiko kerusakan sendi alias osteoartritis

7. Memperbaiki Gangguan Gizi

Manfaat lainnya dari ikan gabus atau ikan kutuk adalah memperbaiki masalah gizi. Anak yang memiliki gangguan tumbuh kembang sering disebabkan oleh asupan gizi yang kurang baik. Anak bisa mengalami gizi kurang hingga gizi buruk.

Konsumsi ikan gabus dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi. Namun, pastinya harus diseimbangkan dengan komponen gizi lainnya.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Khasiat ikan gabus untuk penyembuhan luka sudah dikenal sejak lama. Pasalnya, untuk mempercepat penyembuhan luka, diperlukan kadar albumin yang cukup pada tubuh.

Kadar albumin pada daging ikan gabus cukup tinggi, sehingga membantu proses penyembuhan luka pada tubuh.

9. Baik untuk Kulit

Selain mengandung albumin, ikan gabus juga mengandung kolagen. Kolagen sangat baik untuk kulit dan merupakan komponen utama pada kulit.

Kolagen dapat memperkuat kulit serta sangat bermanfaat untuk elastisitas dan hidrasi.

10. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan otak berasal dari berbagai nutrisi di dalam ikan ini. Perlu kamu ketahui, nutrisi pada ikan gabus sangat bermanfaat untuk kesehatan saraf, termasuk otak. 

Artikel Lainnya: Jenis Ikan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

11. Mencegah Pembengkakan

Albumin pada ikan gabus dapat mencegah pembengkakan. Pasalnya, albumin dapat menarik cairan tetap di dalam pembuluh darah, sehingga mengurangi pembengkakan

12. Sebagai Menu MPASI

Bagi kamu yang bingung memvariasikan MPASI bayi, ikan gabus mungkin bisa kamu pertimbangkan.

Kandungan protein dan zink di dalamnya menjadikan ikan gabus merupakan salah satu menu pilihan untuk MPASI. 

13. Mencegah Asma

Salah satu manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menurunkan risiko penyakit asma.

Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi ikan gabus secara rutin dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan, termasuk asma

14. Membantu Penyakit Jantung dan Stroke

Asam arakidonat pada ikan gabus ternyata baik untuk kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

15. Sebagai Antimikroba dan Antijamur

Ikan gabus memiliki dapat digunakan sebagai antimikroba dan antijamur. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Korea pada tahun 2018.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ikan gabus ternyata memiliki sifat antijamur dan antimikroba. 

Demikian manfaat ikan gabus untuk kesehatan. Namun, jangan hanya mengandalkan konsumsi ikan ini, ya. Demi menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, sangat penting untuk tetap menjaga konsumsi makanan dengan seimbang.

Pastikan menu sehari-hari kamu mengandung makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak, serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai manfaat ikan gabus dan tips konsumsinya yang sehat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[WA]

IkanNutrisimakananIkan Gabus

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter