Sukses

7 Gejala Awal Hamil yang Aneh

Telat haid, mual-muntah sih terdengar wajar untuk tanda awal kehamilan. Tapi ada juga tanda-tanda awal hamil yang sedikit aneh. Dari rambut berhenti rontok, sampai lidah seperti ada rasa besi. Nih disini selengkapnya.

KlikDokter.com - Bila Anda sedang dalam masa awal kehamilan maka hormon-hormon di dalam tubuh Anda dapat berubah yang membuat munculnya banyak gejala-gejala kehamilan diluar normal.

Ada beberapa wanita pada masa kehamilan yang mengalami perubahan sangat drastis dan ada yang tidak mengalami perubahan.

Nah, bila Anda mengalami satu atau beberapa gejala kehamilan yang serupa dibawah ini, itu sangatlah wajar dan janganlah takut, sebab banyak wanita lain yang mengalaminya, gejala seperti apa yang paling aneh  dalam kehamilan?  

Halaman berikut terdapat 7 gejala kehamilan yang dimaksud:

1 dari 2 halaman

Gejala Awal Hamil yang Aneh

  1. Kaki dapat “tumbuh” hingga 10 mm, yang disebabkan oleh peregangan dari ligament (otot) dan akhirnya kaki akan kehilangan arah – dan yang paling aneh pada gejala kehamilan ini dalah, gejala ini dapat bertahan seperti itu hingga bayi lahir.
  2. Volume dari sel-sel di otak dapat berkurang 4% akibat terjadi perubahan hormon – namun kembali seperti semula beberapa bulan setelah kelahiran bayi. Yang membuat Ibu hamil terkadang terkesan menjadi pelupa dan berpikir sedikit lebih lama dibandingkan sewajarnya.
  3. Rambut akan berhenti rontok (akibat hormon), yang membuat kesan rambut tebal, dan kembali seperti semula pada masa setelah kelahiran bayi. Anda juga bisa memperhatikan bahwa terjadi pertumbuhan rambut yang semakin banyak di pipi, jidat, diatas mulut serta di kaki.
  4. Kecerobohan seperti tersandung merupakan hal yang wajar pada awal kehamilan yang disebabkan oleh retensi (tertahannya) air dalam tubuh serta persendian yang lebih “longgar”.
  5. Penciuman menjadi lebih sensitif yang disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon estrogen, banyak penelitian yang menghubungkan semakin sensitifnya penciuman dengan morning sickness (mual-mual di pagi hari).
  6. Anda dapat merasakan rasa besi di lidah Anda, terutama pada trimester pertama kehamilan dimana kadar estrogen paling tinggi.
  7. Flatulensi atau kentut sangat sering terjadi, yang disebabkan oleh relaksasi hormon progesteron dan relaxin, yang terjadi pada semua otot juga pada otot-otot saluran pencernaan.

1 Komentar