Pernapasan

Pilek Dapat Menimbulkan Masalah Pada Telinga

dr. Adithia Kwee, 21 Nov 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bila Anda sedang terserang penyakit pilek, apakah Anda pernah merasakan rasa tidak nyaman pada telinga Anda seperti perasaan telinga seperti tersumbat? Mengapa bisa terjadi hal tersebut?

Pilek Dapat Menimbulkan Masalah Pada Telinga

Klikdokter.com - Bila Anda sedang terserang penyakit pilek, apakah Anda pernah merasakan rasa tidak nyaman pada telinga Anda seperti perasaan telinga seperti tersumbat? Mengapa bisa terjadi hal tersebut?

Lubang hidung kita salurannya akan bermuara ke tenggorokan. Begitu pula halnya dengan telinga kita. Telinga kita dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar. 

Hubungan Pilek dengan Gangguan Kesehatan Telinga

Bila kita sedang pilek, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat mengakibatkan infeksi telinga. Penumpukan lendir pada tuba dapat merupakan tempat bakteri untuk berkembang biak. Bila sudah terjadi infeksi, terjadi penumpukan nanah di dalam tuba.

Penumpukan nanah tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan nanah tersebut akan keluar merobek gendang telinga, hal ini akan menimbulkan nyeri hebat pada telinga Anda. Selain nyeri, juga dapat timbul demam tinggi.

Maka dari itu, janganlah menyepelekan pilek anda. Segera atasi pilek sebelum terjadi infeksi pada telinga. Bila sudah terjadi robekan pada gendang telinga, dokter akan melakukan operasi untuk mengembalikan keutuhan gendang telinga tersebut.

BudegBudekKupingPilek

Konsultasi Dokter Terkait