Sukses

Inilah yang Menyebabkan Penuaan Kulit

Menua adalah mutlak. Tapij tahukah Anda, penuaan pada kulit bisa ditunda? Yakni dengan cara menghindari faktor penyebab penuaan dini pada kulit. Simak selengkapnya disini bersama dr. Nadia Octavia.

KlikDokter.com - Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar saran untuk hindari merokok, selalu gunakan tabir surya, hindari sinar matahari langsung untuk menghindari penuaan kulit.

Namun sudahkah Anda tahu bagaimana penuaan tersebut tercetus? Untuk mengetahui selengkapnya, ada baiknya kita menelusuri terlebih dahulu bagaimana kulit bekerja di tubuh kita.

Bagaimana kulit bekerja?

Kulit, organ terluas dari tubuh Anda, terdiri dari 3 lapisan yaitu:

  • Epidermis: lapisan tipis terluar dimana terjadi pergantian sel kulit paling sering dan konstan
  • Dermis: lapisan tengah kulit yang tebal yang kaya akan kolagen dan elastin yang memberikan kulit kekenyalan dan elastisitas.
  • Hipodermis: lapisan paling dalam yang terdiri dari sel lemak dan berhubungan dengan tulang dan otot.

Seiring dengan usia, produksi sel kulit yang baru mengalami penurunan di epidermis dan kolagen serta elastin di dermis mulai mengalami penipisan. Kulit juga dipengaruhi oleh adanya faktor dari luar seperti misalnya kerusakan akibat sinar UV yang berujung pada pembentukan garis-garis halus, kerutan, pigmentasi dan bintik-bintik penuaan.

Bagaimana rokok dan sinar UV merusak kulit? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Bagaimana rokok dan sinar UV merusak kulit?

Rokok

  • Nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada kulit. Hal ini dapat mengurangi asupan oksigen dan nutrisi penting lainnya.
  • Zat-zat kimia yang berbahaya di dalam rokok dapat memecah kolagen dan elastin dan menyebabkan penipisan dan kulit menjadi kendur.

Sinar UV

  • Sinar UV pada matahari dapat merusak elastin dan jaringan kolagen dan menyebabkan kulit menjadi berkerut dan kendur.
  • Sinar UV juga mengeluarkan molekul tidak stabil yang disebut dengan radikal bebas. Radikal bebas ini mempengaruhi kemampuan kulit untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit menjadi kering.
  • Paparan lama dari sinar UV dapat menyebabkan peningkatan produksi pigmen melanin kulit sehingga kulit menjadi menggelap dan timbul flek hitam.
  • Sinar UV bersifat karsinogen dan dapat menyebabkan kanker kulit.

Faktor-faktor lain apa sajakah yang juga dapat menyebabkan penuaan kulit? Berikut penjelasannya:

2 dari 3 halaman

Faktor-faktor lain apa sajakah yang juga dapat menyebabkan penuaan kulit?

Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan penuaan kulit lebih cepat antara lain adalah polusi udara dan toksin lingkungan. Gravitasi juga berkontribusi menyebabkan kulit menjadi kendur. Oleh karena itu pastikan Anda melakukan pencegahan sedini mungkin pada usia 20an untuk mencegah terjadinya tanda-tanda.

0 Komentar

Belum ada komentar